Ngeri, Smartphone yang Kita Pegang Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri Berbahaya

DokterSehat.Com – Kini, smartphone telah menjadi benda yang tidak bisa kita tinggalkan dalam berbagai aktifitas sehari-hari. Memang, smartphone bisa membuat kita bisa mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah meskipun terpisahkan jarak yang jauh. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika smartphone yang hampir selalu ada dalam genggaman kita ini ternyata mengandung banyak sekali bakteri, bahkan, jauh lebih banyak dari dudukan toilet. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Tahukah anda jika bakteri sangat menyukai lingkungan dengan suhu yang cenderung hangat? Smartphone sendiri memiliki suhu yang cukup hangat, apalagi saat kerap digunakan dan disentuh oleh kulit manusia. Karena alasan inilah bakteri pada smartphone bisa berkembang 18 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan yang ada pada pegangan pintu kamar mandi umum. Pakar kesehatan dari University of Arizona, Amerika Serikat, bahkan menyebutkan jika pada smartphone kita, bisa ditemukan berbagai jenis bakteri berbahaya layaknya bakteri E.Coli atau Staphylococcus yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

Lantas, darimana bakteri-bakteri ini berasal sehingga bisa menempel pada smartphone kita? Pakar kesehatan berkata bahwa kebiasaan kita membawa smartphone dan meletakannya di mana-mana, baik itu saat di tempat umum, hingga dimasukkan ke toilet, bisa membuat berbagai bakteri akhirnya hinggap pada smartphone kita.

Mengingat ada cukup banyak bakteri berbahaya yang ada pada smartphone, kita pun harus berhati-hati saat menggunakannya, khususnya sebelum memegang makanan. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakannya dan sebelum makan. Selain itu, jangan memegang smartphone sembari makan karena bisa membuat bakteri dari gadget ini berpindah dan masuk pada tubuh kita dan memicu berbagai macam penyakit. Jika tidak, cobalah untuk sekali-kali mengelap smartphone dengan tisu anti bakteri andai kita sedang membawanya di tempat umum untuk menurunkan paparan bakteri.