Ngeri, Belasan Cacing Tinggal di Mata Wanita Ini!

DokterSehat.Com– Sebuah kasus mengerikan menimpa seorang wanita berusia 26 tahun namun tidak disebutkan namanya dari Oregon, Amerika Serikat. Bagaimana tidak, mata wanita ini menjadi tempat tinggal dari belasan cacing dengan ukuran yang sangat kecil. Ia pun menjadi manusia pertama di dunia yang mengalami kejadian mengerikan ini.

Benjolan-Kelopak-Mata-Kalazion-dan-Hordeolum-doktersehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa infeksi cacing berspesies Thelazia Gulosa yang memiliki panjang tidak sampai 1,2 cm ini biasanya hanya terjadi pada mata hewan ternak. Cacing ini disebarkan oleh lalat. Yang menjadi masalah adalah, cacing ini mengkonsumsi cairan yang ada pada bola mata.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa 14 buah cacing parasit ini berhasil diambil dari mata wanita malang ini secara bertahap selama 20 hari. Setelahnya, kondisi mata sang wanita semakin membaik.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Tropical Medicine and Hygiene menyebutkan bahwa sebelumnya, kasus infeksi cacing parasit in hanya ditemukan di sejumlah hewan ternak di Amerika Serikat bagian utara dan Kanada bagian selatan. Hanya saja, orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut sepertinya memang berisiko untuk terkena infeksi yang sama mengingat banyaknya lalat yang bisa menyebarkan cacing tersebut. Jika sampai cacing ini tinggal di mata dan menyebabkan infeksi, maka kornea mata bisa saja mengalami luka atau menyebabkan kebutaan.

Sang wanita yang tinggal di kota Gold Beach yang berada di kawasan tepi pantai ini menyadari ada yang aneh dengan mata kirinya setelah melakukan kegiatan luar ruangan di musim panas 2017 lalu. Saat dicek, Ia seperti melihat ada hewan berukuran sangat kecil yang menembus kornea matanya. Merasa ada yang tidak beres, wanita ini pun langsung segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter dan terkejut tatkala tahu bahwa telah ada belasan cacing yang tinggal di matanya.