Ngeri, Ada Gigi yang Tumbuh di Tenggorokan Pria Ini

DokterSehat.Com– Seorang pria yang dipanggil Zhang mengaku mengalami masalah susah bernafas sehingga memeriksakan kondisi kesehatannya di Jiangsu Subei People’s Hospital, China. Saat bertemu dengan dr. Zhu Xiangping, Zhang mengaku jika masalah susah bernafasnya ini sudah berlangsung selama satu setengah tahun. Dr. Zhu pun segera memeriksa kondisi saluran penafasan Zhang. Saat melihat bagian tenggorokan Zhang, dr. Zhu terkejut bukan main saat melihat tampilan pada layar.

doktersehat-gigi-tumbuh-di-tenggorokan

Photo Credit: Youtube/ News Breaking

Dr. Zhu menemukan adanya objek kecil berbentuk bulat dengan ukuran 10 milimeter layaknya gigi dalam jumlah yang cukup banyak pada tenggorokan Zhang. Karena memenuhi saluran pernafasan, tentu saja objek berukuran kecil ini bisa memicu masalah susah bernafas.

Dr. Zhu pun menyimpulkan bahwa Zhang sedang mengalami kondisi langka yang disebut sebagai tracheobroncheopathia osteochondroplastica (TO), kondisi dimana muncul benda seperti gigi kecil yang sangat keras dan tidak bisa diangkat. Kasus TO yang pertama kali ditemukan di dunia medis terjadi pada 1857 lalu oleh seorang dokter dari Inggris bernama Samuel Wilks dan hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Hanya saja, setidaknya hingga saat ini hanya ada kurang dari 400 kasus TO di seluruh dunia.

gigi tumbuh di tenggorokan

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2014 yang menyebut TO sebagai masalah kesehatan yang sejenis dengan kanker kulit. TO dianggap sebagai penyakit yang jinak namun bisa memberikan efek samping berupa batuk yang berkepanjangan atau adanya darah pada dahak yang diludahkan.

Meskipun tidak bisa diobati, dr. Zhu pun berusaha untuk meredakan gejala susah bernafas yang dialami Zhang dengan cara melakukan terapi laser dan pemasangan stent pada saluran pernafasan. Hanya saja, dr. Zhu berkata jika kondisi langka ini tidak bisa disembuhkan.