Ngemil Buah Di Malam Hari Apakah Baik Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Salah satu penyebab kenaikan berat badan yang signifikan adalah jika kita sering ngemil makanan, khususnya yang dilakukan di malam hari. Aktivitas ngemil makanan, khususnya untuk menemani sesi menonton acara televisi atau film tentu saja akan sangat asyik untuk dilakukan. Tak hanya itu, banyak orang yang sebenarnya sudah tidur namun terbangun dan pada akhirnya memakan camilan karena perutnya yang tiba-tiba lapar. Sebuah pertanyaan pun muncul, andai camilan yang biasanya kurang sehat dan bisa menimbulkan masalah berat badan tidak ideal ini diganti dengan buah-buahan, apakah akan memberikan dampak baik bagi kesehatan?

doktersehat-detoks-detoksifikasi

Pakar kesehatan ternyata memberikan jawaban; ya. Ada dampak positif jika kita mengganti camilan tidak sehat ini dengan buah-buahan. Tak seperti camilan pada umumnya, mengkonsumsi buah di malam hari ternyata tidak memberikan resiko tubuh yang menggendut. Hanya saja, tidak semua buah-buahan akan cocok dimakan di malam hari. Ingatlah bahwa ada beberapa jenis buah yang memiliki rasa asam yang justru bisa berimbas pada masalah pada perut jika dikonsumsi malam-malam.

Jika kita nekat mengkonsumsi buah yang terasa asam di malam hari, maka dikhawatirkan saluran pencernaan kita akan bermasalah, khususnya dalam hal timbulnya iritasi pada usus. Selain itu, kita juga berpotensi mengalami reflux asam perut saat kiat tertidur. Reflux asam perut sendiri terjadi karena saat tidur, proses pencernaan sedang membersihkan usus. Sayangnya, karena di dalam usus ini memiliki kandungan asam tinggi dari buah-buahan, maka terjadilan reflux asam perut yang bisa memicu sakit perut. Jika hal ini terjadi, tentu kita akan mengalami masalah tidur.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika buah-buahan yang sebaiknya kita hindari untuk dikonsumsi di malam hari adalah jeruk, anggur, nanas, hingga beberapa jenis buah beri. Selain buah-buahan tersebut akan menjadi camilan sehat yang ideal bagi kesehatan tubuh kita.