Nge-game Bisa Sembuhkan Parkinson

DokterSehat.com – Game, biasanya permainan ini dimainkan oleh anak-anak atau remaja sebagai salah satu hiburan yang paling diminati. Tapi tahukah Anda? Ternyata nge-game bisa mengobati pasien yang menderita penyakit parkinson.



Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Sekolah Perawatan UCSF dan Red Hill Studios, mereka menemukan sebuah alat, yakni game PC, yang bisa menyembuhkan penyakit parkinson. Penemuan mutakhir ini diawali dengan penelitian yang dilakukan kepada 20 pasien parkinson level sedang yang berada di utara California.

Permainan ini dirancang guna meningkatkan kiprah dan koordinasi pasien untuk mencegah gemetar dan kekakuan otot sehingga meningkatkan gerakan kinetik tubuh para penderita. Berbagai tingkat kesulitan dalam permainan PC itupun telah dikelola sesuai tingkat keparahan penyakit yang diderita. Untuk gerakan tubuh Synchronous mendapatkan poin dan untuk setiap tingkat kesulitan dapat meningkatkan gerakan tubuh. Untuk menentukan perbaikan setiap harinya, pada pasien dengan tingkat aman, sembilan sensor pelacakan yang terkait dengan tubuh mereka, menganalisa gerakan dengan akurasi tertinggi.

Bob Hone, ketua peneliti dalam penelitian ini, mengemukakan bahwa setiap subyek menemukan permainan mereka ketika tantangan fisik tidak terlalu keras, tidak terlalu mudah, dan tepat. Dan ketika subjek menguasai satu tingkat permainan, mereka sering pindah ke tingkat lebih sulit untuk efek yang lebih menguntungkan. Subyek memperbaiki skor permainan mereka sambil meningkatkan kiprah dan keseimbangan.

Sebanyak 65 persen pasien mengalami peningkatan dalam langkah panjang mereka dan 55 persen meningkatkan kiprah dan koordinasi tubuh mereka. Hal tersebut terlihat setelah dilakukan terapi game selama 12 minggu.

 

Sumber: kesehatan.liputan6.com