Neuropati – Pengertian dan Klasifikasi

Neuropati adalah istilah yang mengacu pada penyakit umum atau malfungsi syaraf. Saraf di lokasi manapun di tubuh bisa rusak akibat luka atau penyakit. Neuropati sering diklasifikasikan menurut jenis atau lokasi syaraf yang terkena. Neuropati juga bisa diklasifikasikan menurut penyakit yang menyebabkannya. (Misalnya, neuropati dari efek diabetes disebut neuropati diabetik.)

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Jenis neuropati

Neuropati perifer: Neuropati perifer adalah ketika masalah syaraf mempengaruhi saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Saraf ini adalah bagian dari sistem saraf perifer. Dengan demikian, neuropati perifer adalah neuropati yang mempengaruhi saraf ekstremitas – jari kaki, kaki, kaki, jari tangan, dan lengan. Istilah neuropati proksimal telah digunakan untuk merujuk pada kerusakan saraf yang secara khusus menyebabkan nyeri di bahu, paha, pinggul, atau pantat.

Neuropati kranial: Neuropati kranial terjadi bila salah satu dari dua belas saraf kranial (saraf yang keluar dari otak secara langsung) rusak. Dua tipe spesifik neuropati kranial adalah neuropati optik dan neuropati auditori. Neuropati optik mengacu pada kerusakan atau penyakit saraf optik yang mentransmisikan sinyal visual dari retina mata ke otak. Neuropati auditori melibatkan saraf yang membawa sinyal dari telinga bagian dalam ke otak dan bertanggung jawab untuk mendengar.

Neuropati otonom: Neuropati otonom merusak saraf sistem saraf yang bekerja di luar kesadaran. Saraf inilah yang mengendalikan jantung dan sirkulasi (termasuk tekanan darah), fungsi pencernaan, usus dan kandung kemih, respon seksual, dan keringat. Saraf di organ lain mungkin juga akan terpengaruh.

Neuropati fokal: Neuropati fokal adalah neuropati yang dibatasi pada satu saraf atau kelompok saraf, atau satu area tubuh.