Neuralgia Trigeminal Menyebabkan Sering Nyeri di Wajah

Doktersehat.com – Neuralgia trigeminal adalah suatu kondisi nyeri kronis yang mempengaruhi saraf trigeminal, yang menimbulkan sensasi nyeri dari wajah ke otak. Jika Anda memiliki neuralgia trigeminal, stimulasi ringan seperti menyikat gigi atau memakai makeup dapat memicu sentakan sakit yang luar biasa.



Penyakit ini lebih sering mempengaruhi perempuan daripada laki-laki, dan lebih mungkin terjadi pada orang yang lebih tua dari 50 tahun.

Penyebab

Neuralgia trigeminal disebabkan oleh penuaan atau karena multiple sclerosis atau gangguan serupa yang merusak selubung myelin pelindung saraf tertentu. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena tumor yang menekan saraf trigeminal, tetapi hal ini kurang umum terjadi.

Beberapa orang mungkin mengalami neuralgia trigeminal karena lesi otak atau kelainan lainnya. Beberapa faktor lain yang belum diketahui juga dapat menyebabkan Neuralgia trigeminal. Hal-hal di bawah ini dapat memicu rasa nyeri pada penderita Neuralgia trigeminal:

1. Mencukur
2. Membelai wajah
3. Makanan
4. Minum
5. Menyikat gigi
6. Pembicaraan
7. Merias wajah
8. Tersenyum
9. Mencuci wajah

Gejala

Gejala neuralgia trigeminal dapat berupa:

1. Sesekali kedutan yang menyebabkan nyeri ringan
2. Nyeri yang menusuk-nusuk seperti sengatan listrik
3. Serangan nyeri yang dipicu oleh hal-hal seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara dan menyikat gigi
4. Nyeri selama beberapa hari, minggu, bulan atau lebih lama
5. Nyeri pada pipi, rahang, gigi, gusi, bibir, atau kurang sering mata dan dahi
6. Sakit di satu sisi wajah
7. Nyeri terfokus di satu tempat atau menyebar dalam pola yang lebih luas

Pengobatan

Pengobatan neuralgia trigeminal biasanya dimulai dengan obat-obatan, dan banyak orang tidak memerlukan pengobatan tambahan. Namun, seiring waktu, beberapa orang dengan kondisi ini tidak dapat diatasi dengan obat-obatan.

Baca Juga:  Alasan Anda Terlihat Tua Saat Stres

Jika neuralgia trigeminal disebabkan karena penyebab lain, seperti multiple sclerosis, dokter akan mengobati kondisi yang mendasarinya, antara lain dengan:

1. Obat-obatan
Untuk mengobati neuralgia trigeminal, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengurangi atau memblokir sinyal rasa sakit yang dikirim ke otak. Obat yang sering diresepkan adalah Antikonvulsan, Carbamazepine (Tegretol, Carbatrol), Oxcarbazepine (Trileptal), Clonazepam (Klonopin) dan gabapentin (Neurontin, Gralise).

2. Operasi
Dalam operasi neuralgia trigeminal, tujuan pembedahan adalah untuk menghentikan pembuluh darah dari mengompresi saraf trigeminal atau merusak saraf trigeminal agar tidak rusak. Merusak saraf sering menyebabkan mati rasa pada wajah sementara atau permanen, dan dengan salah satu prosedur bedah, rasa sakit dapat kembali berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian.

Sumber: detik.com