Nenek Ini Memakai 27 Lensa Kontak Sekaligus Pada Matanya

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang aneh terjadi di Inggris dimana seorang nenek berusia 67 tahun memeriksakan kondisi matanya pada dokter. Ia mengaku merasa matanya tidak nyaman dan mengeluhkan mata kering. Dokter yang memeriksa kondisi kesehatannya pun memutuskan untuk melakukan operasi katarak pada bulan November 2016 lalu. Namun, sebelum operasi ini dilakukan, dokter justru menemukan sebuah fakta yang sangat mengejutkan pada mata sang nenek tersebut, yakni adanya tumpukan 27 lensa kontak pada matanya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-mata-kontak-lensa-soflens

Dokter pada awalnya berpikir jika sang nenek mengalami katarak. Namun, dalam realitanya, masalah kesehatan yang dialami oleh nenek ini ternyata adalah karena banyaknya lensa kontak yang dipakai pada matanya. Pakar kesehatan mata Rupal Morjaria menyebutkan bahwa sebelumnya sang nenek tidak mengeluhkan gangguan penglihatan apapun sebelum operasi ini dilakukan. Lalu, tim dokter menemukan 17 lensa kontak pada pemeriksaan pertama dan 10 lensa kontak lainnya pada pemeriksaan lanjutan.

Pakar kesehatan Dr. Thomas Steinemann yang berasal dari American Academy of Ophthalmology menyebutkan jika biasanya, ada orang yang mengeluhkan lensa kontaknya menempel pada mata. Namun, lensa kontak yang menempel ini hanyalah 1, bukannya 27 seperti yang dialami nenek ini. Sebagai informasi, nenek ini sudah memakai lensa kontak selama 35 tahun. Namun, kurang jelas seberapa lama Ia memakai 27 lensa kontak ini. Hanya saja, menurut keterangan dokter bedah, besar kemungkinan sang nenek mengalami gangguan daya ingat dan berpikir jika Ia sudah melepas lensa kontak ini dan kemudian tidak bisa kembali menemukannya, alhasil, Ia pun memakai lensa kontak lainnya. Karena alasan inilah lensa kontak ini semakin menumpuk pada matanya.

Morjaria sendiri cukup heran dengan kondisi sang nenek yang tidak langsung terkena efek kesehatan karena menempelnya lensa kontak. Biasanya, hal ini akan menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal, mata kemerahan, hingga mata yang lebih sensitif pada cahaya.

Setelah ke 27 lensa kontak ini diangkat dari mata sang nenek, operasai katarak pun tetap dilakukan pada matanya dan kini kondisi sang nenek sudah semakin membaik.