Nenek 67 Tahun Ini Menjadi Ibu Pengganti Tertua di Dunia dan Berhasil Melahirkan Bayi

DokterSehat.Com – Apa yang terjadi pada Anastassia Ontou, nenek berusia 67 tahun ini sangatlah luar biasa. Jika nenek-nenek lain pada umurnya sudah lebih sering bersantai, menikmati hidup, atau bermain-main dengan cucunya, Ontou justru memilih untuk menjadi ibu pengganti bagi putrinya sendiri. Alhasil, Ia pun menjadi ibu pengganti tertua yang pernah tercatat di dalam dunia kesehatan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Putri Ontou, Constantina yang berusia 43 tahun, diketahui sudah tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan keturunan. Padahal, sudah 7 kali Ia melakukan program kehamilan namun tak kunjung berhasil. Melihat keinginan besar sang putri untuk mendapatkan keturunan, Ontou pun akhirnya menawarkan diri untuk menjadi ibu pengganti. Beruntung, kehamilannya berjalan dengan lancar dan Ia pun mampu melahirkan cucunya sendiri yang berjenis kelamin perempuan dengan berat 1,1 kg melalui operasi Caesar.

Dr. Constantinos Pantos, pakar kesehatan yang membantu proses persalinan sang nenek, menyebutkan jika apa yang terjadi pada Ontou sangaatlah langka di dunia mengingat selama ini hampir tidak mungkin ditemukan seorang nenek mampu menjadi ibu pengganti. Ia bahkan menyebutkan jika perjuangan Ontou sangatlah luar biasa demi kebahagaiaan putrinya. Secara hukum, anggota keluarga memang akan mendapatkan kemudahan dalam menjadi ibu pengganti, khususnya dalam hal pembiayaan dan juga legalitas. Sebagai informasi, syarat untuk menjadi ibu pengganti adalah memiliki usia lebih dari 21 tahun, pernah melahirkan setidaknya satu bayi yang sehat, sehat secara psikologis, dan mau melakukan kewajiban menjaga kesehatan kehamilan dengan baik.

Setelah berjuang salama fase kehamilan, Ontou pun berhasil mengalahkan rekor ibu pengganti tertua di dunia yang sebelumnya dipegang oleh wanita berusia 66 tahun dan 358 hari. Namun, bagi Ontou, rekor ini tidaklah penting karena baginya, kebahagiaan putrinya saat mendapatkan keturunan adalah hal yang jauh lebih penting.