Nata De Coco, Hidangan Segar dan Sehat Untuk Berbuka

DokterSehat.Com – Tak hanya kurma, sirup, atau kolak, nata de coco termasuk dalam bahan makanan yang paling dicari di bulan puasa. Hanya dengan mencampurkan nata de coco pada minuman, kita bisa mendapatkan minuman yang sangat menyegarkan kerongkongan saat berbuka puasa. Nata de Coco yang terbuat dari bahan dasar air kelapa, santan kelapa, tetes tebu, dan berbagai sari buah ini ternyata juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Kaya akan vitamin
Pakar kesehatan menyebutkan jika nata de coco ternyata kaya akan kandungan vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Adanya berbagai kandungan vitamin ini tentu akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit. Tak hanya itu, tingginya kandungan air di dalam nata de coco juga akan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa dengan cepat.

Membuat BAB lancar
Nata de coco termasuk dalam bahan makanan yang kaya akan serat. Dengan mengkonsumsinya, saluran pencernaan tentu akan menjadi lebih lancar. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi nata de coco jika ingin mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Mencegah diabetes
Kandungan serat yang ada dalam nata de coco ternyata juga mampu memperlancar penyerapan nutrisi makanan. Serat juga akan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat. Tak hanya baik bagi kesehatan jantung, hal ini ternyata bisa membantu mencegah diabetes dan kanker kolorektal.

Mencegah obesitas
Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, maka kita pun akan mudah kenyang saat mengkonsumsi nata de coco. Hal ini tentu akan mencegah kita makan dengan berlebihan sehingga tidak akan mudah terkena obesitas.

Baca Juga:  Heboh Pupuk Urea yang Dipakai Pabrik Nata De Coco, Begini Kata Pakar Kesehatan

Baik untuk diet
Nata de coco ternyata tidak memiliki kalori yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan.