Nasi Bisa Picu Alzheimer?

DokterSehat.Com – Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat ternyata tidak baik bagi kesehatan Anda.

doktersehat-nasi-putih

Sebuah penelitian di Amerika menemukan lansia dengan pola makan tinggi kadar karbohidratnya berisiko empat kali lipat mengalami gangguan kognitif ringan.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dan pasta mengandung gula yang dapat mempengaruhi perkembangan alzheimer dan penyakit kognitif lainnya.

Sementara itu hasil penelitian menunjukkan seseorang yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan kaya lemak seperti ayam, ikan, daging, dan kacang-kacangan berisiko rendah mengalami penurunan kognitif.

Pemimpin penelitian, Rosebud Roberts menjelaskan asupan makanan yang tinggi karbohidrat bisa mempengaruhi metabolisme glukosa dan insulin.

Tingginya kadar glukosa berpengaruh terhadap pembuluh darah otak dan memicu penumpukan plak amiloid beta yang diyakini bisa menyebabkan penurunan kognitif.

Dari temuan ini diharapkan Anda bisa mengurangi risiko munculnya penyakit dengan menerapkan pola makan seimbang.