Nanas Mampu Melangsingkan Tubuh Sampai Mencegah Kanker

Doktersehat.com – Nanas, buah bersisik yang mempunyai sensasi rasa asam-manis ini kerap dijadikan campuran rujak atau asinan. Tak hanya segar, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.



Nanas mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, asam malik, asam folat, dan enzim bromelin yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam nanas baik digunakan sebagai obat cacing, penurun panas, antikanker, antiradang, mampu membersihakan rahim setelah keguguran, dan sebagai obat pencahar.

Kandungan enzim bromelin dalam nanas inilah yang diduga mampu memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Enzim bromelin merupakan salah satu enzim protease yang dapat memecahkan protein dan mengurangi peradangan.

Penelitian di Belanda menunjukkan bahwa enzim bromelin ampuh mengusir lemak. Bromelin yang dikonsumsi selama 30 hari bisa menurunkan 4, 27 kg berat badan. Penelitian di AS juga menunjukkan hasil yang hampir sama, enzim bromelin dan inulin bisa membakar timbunan lemak hingga berat badan seseorang turun 300-500 gr tiap harinya.

Buah berwarna kuning ini mampu menekan nafsu makan. Selain itu, seratnya juga dapat mengatasi sembelit. Bahkan penelitian terbaru menemukan jika bromelin dalam nanas mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan mengonsumsi nanas tanpa diolah sebelumnya sebanyak 80 gram tiap harinya.

Walaupun begitu banyak khasiatnya, ternyata buah nanas yang sudah masak mengandung kadar gula mencapai 10 persen. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini.

Sumber: intisari-online.com