Nanas, Buah Sehat yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia adalah nanas. Buah ini sendiri bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik itu dimakan secara langsung, dijadikan jus, atau bahkan dijadikan campuran rujak yang tentu akan sangat segar dikonsumsi di siang hari. Di waktu yang berdekatan dengan Hari Raya Lebaran seperti sekarang ini, nanas juga dicari oleh banyak orang untuk dijadikan bahan makanan khas lebaran yakni kue nastar. Tak disangka, dibalik rasa nanas yang manis ini, ada berbagai manfaat sehat yang ditawarkan bagi tubuh kita.

doktersehat-nanas-jus-buah

Pakar kesehatan menyebutkan jika nanas ternyata kaya akan kandungan bromelain. Enzim bromelain ini mampu membantu tubuh mencerna protein dengan lebih baik dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, enzim ini juga memiliki sifat anti peradangan, anti pembekuan darah, dan bahkan anti kanker. Bahkan, enzim ini disebut-sebut mampu membuat daya tahan tubuh kita menjadi lebih kuat.

Tak hanya kaya akan enzim bromelain, nanas juga kaya akan kandungan vitamin C dan mineral layaknya mangan. Kombinasi dari mangan dan vitamin C inilah yang membuat tubuh lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas penyebab penyakit. Tak hanya itu, mangan ternyata juga sangat penting bagi tubuh karena mampu membantu produksi beberapa enzim yang berperan dalam penyediaan energi pada tubuh.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah ini secara langsung alih-alih dijadikan jus. Dengan mengkonsumsinya secara langsung, maka kita bisa mendapatkan kandungan serat larut yang ada pada nanas. Kandungan serat larut ini disebut-sebut mampu memperlambat kenaikan gula dalam darah.

Melihat adanya berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah nanas ini, apakah anda tertarik untuk sering-sering mengkonsumsinya?