Nanas, Buah Enak yang Membuat Kita Tidak Mudah Jatuh Sakit

DokterSehat.Com – Nanas adalah salah satu buah yang menjadi favorit cukup banyak orang di seluruh dunia. Rasa manis dari buah ini bisa kita nikmati secara langsung, saat dijadikan jus, atau bahkan dijadikan salah satu bahan dari rujak. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, nanas ternyata kaya akan berbagai nutrisi baik yang akan menyehatkan tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan dari nanas?

doktersehat-nanas-diabetes-batuk-tuberkulosis

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi
Tahukah anda jika dengan mengkonsumsi secangkir potongan nanas maka kita sudah memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari? Tingginya kadar vitamin C dari buah berwarna kuning ini ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat dan akhirnya berimbas positif berupa semakin jarangnya kita jatuh sakit. Vitamin C juga juga akan membantu proses perbaikan sel dan berbagai jaringan yang ada dalam tubuh.

Tak hanya vitamin C, nanas juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membuat tubuh terlindungi dari paparan radikal bebas. Tak hanya mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker atau penyakit jantung, kulit kita juga bisa menjadi lebih sehat dan cantik.

Baik untuk kesehatan kulit
Di dalam nanas, kita bisa menemukan mangan, salah satu kandungan mineral yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Sebagai informasi, secangkir potongan nanas ternyata sudah mampu memenuhi 75 persen kebutuhan mangan tubuh dalam sehari. Kombinasi dari mangan dan vitamin C sendiri akan membuat produksi kolagen pada kulit meningkat sehingga kulit kita tetap kencang dan sehat. Mangan juga akan menyediakan perlindungan bagi sel kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kesehatan kulit kita.

Baik untuk kesehatan pencernaan
Kandungan bromelain dari nanas bisa membantu saluran pencernaan melunakkan daging yang kita konsumsi. Enzim ini memang mampu membantu perut mencerna protein dengan lebih baik sehingga mencegah datangnya masalah perut kembung atau gangguan pencernaan lainnya. Tak hanya itu, tingginya kadar serat pada nanas tentu akan semakin memperlancar pencernaan.