Naik Motor Tanpa Jaket Bisa Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Sepeda motor adalah salah satu moda tranportasi yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Harga sepeda motor yang cenderung murah dan kemudahan untuk dipergunakan untuk melewati kemacetan dengan mudah menjadi pertimbangan utama penggunaan moda transportasi terbuka ini. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengindahkan keselamatan dan kesehatan saat mengendarai sepeda motor. Selain masih banyak yang tidak memakai helm, banyak orang yang juga tidak memakai masker atau memakai jaket. Terpaan angin, debu, hingga polusi tentu akan mudah mengenai tubuh mereka yang tidak memakai jaket. Apa sajakah dampak buruk yang bisa didapatkan pengendara motor yang tidak memakai jaket?

doktersehat-pekerja-komuter-resiko-terkena-masalah-kesehatan

Suhu udara yang panas membuat banyak orang enggan memakai jaket saat memakai sepeda motor. Padahal, saat memakai motor, terpaan angin bisa cukup kuat untuk menembus kulit tubuh kita dan pada akhirnya membuat tubuh menjadi tidak fit. Banyak orang yang terbiasa memakai sepeda motor tanpa menggunakan jaket pada akhirnya akan sering terkena sakit meskipun untuk penyakit yang cenderung ringan layaknya flu atau batuk.

Berkendara tanpa memakai jaket juga akan membuat tubuh memiliki suhu yang cenderung tidak stabil. Suhu normal manusia biasanya berkisar antara 35 hingga 36 derajat Celcius. Jika kita memakai jaket atau pelindung dada, maka kita telah memiliki pelindung dari terpaan angin yang dingin dan kuat sekaligus menjaga kehangatan tubuh tetap normal. Jika kita tidak memakai jaket saat berkendara, maka angin akan secara langsung menerpa dada dan membuat suhu area tersebut menurun yang membuat darah akan lebih banyak tersuplai ke area dada sebagai cara untuk menyeimbangkan suhunya. Sayangnya, hal ini bisa memicu penumpukan cairan pada paru-paru yang bisa berimbas menjadi infeksi saluran pernafasan.

Baca Juga:  Macam-macam Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Olahraga

Beberapa jenis penyakit saluran pernafasan yang bisa menyerang mereka yang jarang memakai jaket saat berkendara adalah paru-paru basah, TBC, ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut, bronchitis, atau bahkan kanker. Resiko terkena kanker sendiri meningkat mengingat banyak sekali paparan polusi udara dari gas buang kendaraan bermotor yang akan mengenai tubuh kita tanpa adanya perlindungan dari jaket atau masker. Dengan adanya resiko-resiko ini, apakah anda yakin masih mau berkendara tanpa memakai jaket?