Naik Gunung Bisa Membuat Jiwa Semakin Sehat

DokterSehat.Com– Apa yang anda rencanakan untuk menghabiskan akhir pekan? Jalan-jalan? Atau justru hanya ingin bersantai saja di rumah? Jika anda memiliki waktu luang atau energi yang cukup, mengapa tidak mencoba untuk naik gunung? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun naik gunung termasuk dalam aktifitas yang melelahkan, kegiatan ini ternyata bisa membuat jiwa kita semakin sehat.



Pakar kesehatan Khalila Archer yang berasal dari Inward Bound Mindfulness Education menyebutkan bahwa naik gunung bisa memberikan efek layaknya meditasi bagi kesehatan tubuh kita. Dengan melakukannya, kita bisa mendapatkan pengalaman baru dan membuat kita berpikir bahwa ada lebih banyak hal-hal yang besar, lebih menenangkan, dan lebih indah dari yang sehari-hari kita alami. Saat mendaki, tanpa kita sadari kita juga melakukan kontemplasi diri sehingga pikiran pun bisa menjadi lebih jernih.

Agar tidak merasakan keletihan berlebihan saat mendaki gunung, ada baiknya kita menikmati alam dengan cara menghirup aroma segar khas gunung, menikmati pemandangan yang indah, mendengarkan suara-suara alam, hingga menyentuh dedaunan atau bunga yang kita temukan selama perjalanan. Dengan melakukan hal tersebut, perjalanan mendaki gunung pun tidak akan terasa. Saat kita berhasil mencapai puncak gunung, kita pun akan mendapatkan sensasi kepuasan yang luar biasa sehingga bisa menyehatkan jiwa.

Matt Triplet, salah seorang pendaki gunung, mengaku bahwa kegiatan ini ternyata mampu mengatasi beberapa masalah kejiwaan layaknya depresi, post-traumatic stress disorder (PTSD), atau bahkan keinginan untuk bunuh diri. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka dalam waktu yang cukup lama layaknya saat naik gunung memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi jiwa.

Melihat adanya manfaat dari kegiatan naik gunung ini, apakah anda tertarik untuk melakukannya di akhir pekan ini?