Nah, Ini Tips Mengurangi Ngemil Berlebihan

DokterSehat.Com – Meskipun sudah mengkonsumsi makanan besar tiga kali sehari, kadangkala perut masih terasa lapar dan perut masih ingin mengunyah makanan. Banyak dari kita yang akhirnya mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang berlebihan demi menuruti keinginan perut ini. Padahal, andai kita melakukannya, maka dikhawatirkan kita akan meningkatkan berat badan dan meningkatkan resiko terkena obesitas. Apalagi jika camilan yang kita konsumsi adalah camilan yang kaya gula dan juga lemak. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa mengurangi ngemil berlebihan ini?



Sedikit demi sedikit kurangi camilan
Jangan asal langsung berhenti mengkonsumsi camilan karena hal ini justru akan membuat kita menderita dan pada akhirnya mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang berlebihan. Kurangilah asupan camilan sedikit demi sedikit agar nafsu makan bisa dikendalikan. Selain itu, cobalah untuk mulai mengurangi camilan yang kaya akan kandungan gula, pemanis buatan, dan pewarna buatan. Andai bingung, periksa saja label komposisi makanan untuk mengetahui apakah ada kandungan tersebut atau tidak.

Kurangi kafein
Meskipun nikmat, kopi yang kaya akan kafein juga akan meningkatkan kadar gula darah dan membuat kita lebih ingin menikmati camilan yang manis. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai ikut mengurangi asupan minuman berkafein.

Berolahraga
Andai kita rutin berolahraga, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon endorphin yang akan membuat kita lebih baik dalam mengendalikan nafsu makan dan menurunkan keinginan mengkonsumsi camilan manis.

Beristirahat
Andai kita kelelahan dan kurang beristirahat, maka tubuh akan cenderung memberikan sinyal untuk mengkonsumsi makanan yang manis. Untuk mengurangi keinginan mengkonsumsi camilan yang kurang sehat tersebut, maka ada baiknya kita meluangkan waktu untuk beristirahat dan rileks saat kelelahan.