N-Asetil Sistein (5) – Efek Samping dan Peringatan

Nama: N-Asetil Sistein



Efek Samping

    • N-asetil sistein kemungkinan aman bagi kebanyakan orang dewasa, bila digunakan sebagai obat yang memang diresepkan. Obat ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare atau sembelit. Jarang, namun dapat terjadi, obat dapat menyebabkan ruam, demam, sakit kepala, mengantuk, tekanan darah rendah, dan masalah hati.
    • Ketika dihirup (terhirup masuk ke dalam paru-paru), juga dapat menyebabkan pembengkakan di mulut, hidung meler, mengantuk, dan sesak dada.
    • N-asetil sistein memiliki bau yang tidak menyenangkan yang mungkin membuat sulit untuk dihirup.

Peringatan dan Kewaspadaan Khusus

      • Kehamilan atau menyusui: N-asetil sistein mungkin AMAN ketika diminum, dimasukkan melalui lubang di tenggorokan, atau menghirup N-asetil sistein melintasi plasenta, tetapi tidak ada bukti yang membahayakan. Sebelum anak dilahirkan atau pada ibu bersalin. Namun, N-asetil sistein seharusnya hanya digunakan pada wanita hamil ketika jelas dibutuhkan, seperti dalam kasus-kasus keracunan acetaminophen.
      • Tidak ada informasi yang dapat dipercaya cukup tentang keamanan mengkonsumsi N-asetil sistein jika Anda menyusui. Menghindari penggunaan akan lebih aman untuk bayi.
      • Alergi: Jangan gunakan N-asetil sistein jika Anda alergi terhadap asetil sistein.
      • Asma: Ada kekhawatiran bahwa N-asetil sistein dapat menyebabkan bronkospasme pada penderita asma jika terhirup atau diambil oleh mulut atau melalui tabung di tenggorokan. Jika Anda mengkonsumsi N-asetil sistein dan memiliki asma, Anda harus dipantau oleh penyedia layanan kesehatan Anda.
      • Gangguan Perdarahan. N-asetil sistein bisa memperlambat pembekuan darah. Ada kekhawatiran bahwa N-asetil sistein dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang dengan gangguan perdarahan.
      • Operasi. N-asetil sistein bisa memperlambat pembekuan darah. Ini dapat meningkatkan risiko pendarahan selama dan setelah operasi. Berhenti mengkonsumsi N-asetil sistein minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.
Baca Juga:  L-Arginine (7)

Interaksi obat
Interaksi Berat: Jangan mengkonsumsi kombinasi ini:
Nitrogliserin berinteraksi dengan N-Asetil sistein
Nitrogliserin dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Mengkonsumsi N-asetil sistein tampaknya meningkatkan efek nitrogliserin. Hal ini dapat menyebabkan kesempatan peningkatan efek samping termasuk sakit kepala, pusing, dan sensasi melayang.

Interaksi moderat: Berhati-hatilah dengan kombinasi ini
Arang aktif berinteraksi dengan N-Asetil sistein
Arang aktif kadang-kadang digunakan untuk mencegah keracunan pada orang yang mengkonsumsi terlalu banyak acetaminophen dan obat-obatan lainnya. Arang aktif dapat mengikat obat-obat ini di perut dan mencegah penyerapan oleh tubuh. Mengkonsumsi N-asetil sistein pada saat yang sama dengan arang aktif dapat menurunkan seberapa baik kerjanya untuk mencegah keracunan.