Myasthenia Gravis – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

DokterSehat.Com– Myasthenia gravis (MG) adalah kelainan neuromuskular yang menyebabkan kelemahan pada otot lurik, yang merupakan otot yang digunakan tubuh Anda untuk gerakan. Kondisi MG terjadi ketika komunikasi antara sel saraf dan otot menjadi terganggu. Kerusakan ini mencegah kontraksi otot krusial, mengakibatkan kelemahan otot. Menurut Myasthenia Gravis Foundation of America, MG adalah kelainan primer yang paling umum dari transmisi neuromuskular. Ini adalah kondisi yang relatif jarang yang memengaruhi antara 14-20 orang dari setiap 100 ribu orang di Amerika Serikat.

Myasthenia-Gravis-doktersehat

Penyebab Myasthenia Gravis

Apa penyebab myasthenia gravis? MG adalah kelainan neuromuskular yang biasanya disebabkan oleh masalah autoimun. Gangguan autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh Anda keliru menyerang jaringan sehat. Dalam kondisi ini, antibodi, merupakan protein yang biasanya menyerang zat asing dan berbahaya di dalam tubuh, menyerang zat neurotransmiter asetilkolin, yang merupakan zat penting untuk komunikasi antara sel saraf dan otot. Hal ini menyebabkan kelemahan otot.

Penyebab pasti reaksi autoimun ini tidak jelas. Menurut Muscular Dystrophy Association, satu teori adalah bahwa protein virus atau bakteri tertentu dapat mendorong tubuh untuk menyerang asetilkolin.

Menurut National Institutes of Health, MG biasanya terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun. Wanita lebih mungkin didiagnosis ketika dewasa muda, sedangkan pria lebih mungkin didiagnosis pada usia 60 atau lebih.

Gejala Myasthenia Gravis

Apa gejala myasthenia gravis? Gejala utama MG adalah kelemahan pada otot lurik (otot rangka), merupakan otot yang bekerja secara sadar. Kegagalan otot berkontraksi biasanya terjadi karena otot tersebut tidak bisa merespons impuls saraf. Tanpa transmisi impuls yang tepat, komunikasi yang terhambat terjadi antara hasil syaraf dan otot dan kelemahan.

Baca Juga:  Myasthenia Gravis - Perubahan Gaya Hidup, Komplikasi, dan Prognosis

Kelemahan yang terkait dengan MG biasanya semakin memburuk dengan aktivitas yang lebih banyak dan membaik dengan istirahat. Gejala MG bisa meliputi:

  • Masalah bicara
  • Masalah menaiki tangga atau mengangkat benda
  • Kelumpuhan wajah
  • Sulit bernapas karena kelemahan otot
  • Kesulitan menelan atau mengunyah
  • Kelelahan
  • Suara serak
  • Terkulai kelopak mata
  • Penglihatan ganda

Tidak semua orang akan memiliki setiap gejala, dan tingkat kelemahan otot bisa berubah dari hari ke hari. Tingkat keparahan gejala biasanya meningkat dari waktu ke waktu jika tidak diobati.

Myasthenia Gravis – Halaman Selanjutnya: 1 2 3