Musim Liburan, Kunjungilah Laut Agar Pernafasan Kita Menjadi Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Musim liburan sekolah telah tiba. Meskipun banyak orang tua yang masih harus bekerja hingga libur tahun baru, dalam realitanya sudah banyak yang mengambil jatah cuti demi bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Salah satu tempat yang cukup laris untuk dikunjungi saat musim liburan tiba adalah pantai atau lautan. Di tempat ini, kita bisa menikmati keindahan alam, angin sepoi-sepoi khas lautan, dan juga bermain air laut. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain bisa membuat stress menghilang, berkunjung ke laut ternyata bisa memberikan efek positif bagi kesehatan pernafasan kita.

doktersehat-rio-de-janeiro-virus-zika-pantai-laut-kotor

Tanpa kita sadari, hidung kita kerap dimasuki berbagai macam polusi, jamur, bakteri, atau bahkan virus yang bisa saja memicu berbagai macam masalah layaknya peradangan, masalah hidung tersumbat, atau bahkan flu. Beruntung, dengan bermain air laut, kita bisa membersihkan hidung dari berbagai macam benda terebut.

Dr. Yulita Lea dari SOHO Global Health berkata bahwa telah ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika air laut ternyata memiliki kemampuan untuk membersihkan hidung, menyembuhkan masalah kesehatan pernafasan, dan membuat fungsi hidung kembali membaik. Menurut beliau, air laut bisa menjaga keseimbangan mukosa pada saluran pernafasan. Tingginya kandungan mineral pada air laut akan sangat baik bagi membrane mukosa hidung, membuat sel-sel hidung lebih terlindungi, dan memperbaiki kinerja bulu hidung. Adanya air laut ini membuat bulu hidung yang sebelumnya kaku karena ditempeli berbagai debu dan polusi akan menjadi lebih bebas bergerak sehingga fungsinya sebagai penangkap benda asing akan tetap terjaga.

Menurut pakar kesehatan, air Laut Adriatik atau laut diantara semenanjung negara Italia dan negara-negara Balkan adalah air laut dengan kandungan kadar elektrolit yang lebih tinggi daripada air laut lain di seluruh dunia, yakni sekitar 38 persen, sehingga diyakini akan sangat baik bagi kesehatan pernafasan kita. Kejernihan air laut ini juga sangat baik dimana kita bahkan masih bisa menikmati dasar laut sedalam 56 meter. Andai kita menikmati berlibur di lautan dan sempat menikmati berenang di air laut, maka saluran pernafasan kita pun akan menjadi lebih bersih dan lebih sehat.