Musim Hujan Ternyata Bisa Membuat Tubuh Dehidrasi

DokterSehat.Com – Musim hujan kerap kali dikaitkan dengan datangnya beragam berbagai jenis gangguan kesehatan. Suhu yang dingin bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rentan diserang berbagi virus, kuman, atau bahkan bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Selain itu, musim hujan juga bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

7190209429_529e3f07ca_o

Pada musim kemarau yang cenderung panas, tubuh seringkali akan mudah merasa haus sehingga kita pun banyak minum. Cairan tubuh cenderung terlepas dari keringat yang keluar setiap saat karena suhu udara yang panas. Hal berkebalikan datang saat musim hujan dimana kita cenderung tidak sering merasa haus karena suhu yang cenderung lebih sejuk. Tanpa kita sadari, kita pun akan lebih jarang meminum air dan bisa menyebabkan tubuh terkena masalah dehidrasi. Saat suhu udara semakin dingin, badan ternyata berusaha untuk menyeimbangkan suhu udara dengan suhu tubuh sehingga kita pun akan kehilangan banyak cairan tubuh melalui pernafasan. Inilah mengapa banyak orang yang mengeluhkan keringnya kulit dan bibir jika suhu udara cenderung dingin.

Saat suhu cenderung panas dan kita kehilangan banyak cairan tubuh, kita pun akan mudah merasa haus. Sayangnya, musim hujan yang cenderung lebih sejuk ternyata membuat tubuh kita tidak mudah terasa haus sehingga tubuh pun akan mengalami kekurangan cairan. Suhu yang dingin akan membuat aliran darah menurun ke seluruh bagian tubuh sebagai reaksi menyeimbangkan suhu ruangan dan suhu tubuh. Sayangnya, otak justru tidak bisa mendeteksi penurunan aliran darah ini sehingga kita pun cenderung tidak mudah merasa haus. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa rasa haus pada musim hujan atau suhu yang dingin akan berkurang drastis hingga 40 persen jika dibandingkan saat suhu normal.

Baca Juga:  Tips Mengurangi Junk Food pada Anak

Untuk menghindari gangguan kesehatan karena kurangnya keseimbangan cairan tubuh, maka anda harus banyak minum air di musim hujan meskipun anda tidak merasa haus. Pastikan bahwa anda meminum air putih setidaknya delapan gelas per hari agar tubuh tetap dalam kondisi yang seimbang. Memang, bisa jadi anda akan sering pergi ke kamar kecil untuk buang air kecil, namun, tentu hal ini tidak jadi masalah jika kita tetap mampu menjaga kesehatan tubuh, bukan?