Musim Hujan Mulai Mencapai Puncaknya, Kaum Wanita Harus Mewaspadai Penyakit Chikungunya

DokterSehat.Com – Belakangan ini, cuaca di Indonesia cenderung didominasi oleh hujan lebat yang kerap muncul pada siang hingga malam hari. Selain bisa menyebabkan suhu udara menjadi lebih dingin, hujan juga bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit, khususnya yang disebarkan oleh nyamuk. Nyamuk akan berkembang biak pada berbagai genangan air yang disebabkan oleh hujan, salah satunya adalah nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk yang terkenal karena bisa menyebabkan infeksi zika dan juga demam berdarah ini juga bisa memicu penyakit lainnya yang juga harus diwaspadai, yakni penyakit chikungunya.

pic credit: Army Medicine

Beberapa penelitian pun dilakukan untuk melihat dampak dari nyamuk ini pada munculnya penyakit di berbagai negara berkembang. Salah satunya adalah sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Proveedings of the National Academy of Sciences. Penelitian ini dilakukan pada desa Palpara, 100 km dari ibukota Negara Bangladesh, Dhaka. Diketahui, pada tahun 2012 kemarin, di desa ini terjadi wabah chikungunya yang luar biasa dimana dalam radius 200 meter saja, ada banyak sekali korban penyakit ini dan seperempat diantaranya diketahui adalah ibu rumah tangga.

Henrik Salje, seorang pakar kesehatan yang berasal dari Johns Hopkins University Bloomberg School of Public Health yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika perempuan di Bangladesh menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah dan mereka beresiko 1,5 kali lebih tinggi terkena chikungunya jika dibandingkan dengan pria yang kerap menghabiskan waktu jauh dari rumah di siang hari karena bekerja. Menurut Salje, hal ini dikarenakan nyamuk pemicu chikungunya hanya berputar-putar di sekitar rumah saja atau dekat dengan genangan air tempat mereka berkembang biak.

Melihat adanya fakta ini, wanita di Indonesia yang juga kebanyakan masih menghabiskan banyak waktu di rumah tentu harus mewaspadai penyakit chikungunya. Kita tentu harus lebih baik dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk dan menjaga kebersihan rumah agar menurunkan resiko terkena penyakit yang membuat lumpuh ini.