Musim Hujan Masih Melanda, Kita Harus Pandai-Pandai Menjaga Kesehatan Kita

DokterSehat.Com – Meskipun bulan sudah beranjak ke bulan Mei, Indonesia masih dialami anomali perubahan musim yang tidak seperti biasanya. Alih-alih seharusnya sudah mulai musim kemarau, sebagian area di tanah air ternyata masih mengalami musim hujan dimana hampir setiap hari bahkan bisa turun hujan dengan intensitas yang sangat lebat. Kita tentu harus lebih baik dalam menjaga kesehatan kita selama musim hujan masih melanda mengingat pada musim inilah kelembaban udara cukup tinggi dan membuat banyak bakteri dan kuman penyebab penyakit berkembang biak. Apakah ada cara efektif untuk menjaga kesehatan di musim hujan?

doktersehat-hujan-skait

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan tetap membawa perlengkapan musim hujan layaknya jaket, payung, hingga jas hujan jika kita termasuk orang yang mobile dengan sepeda motor. Andai tidak membawa peralatan tersebut, jangan memaksakan diri untuk berkendara menerjang hujan. Selain itu, andai hujan ternyata sangat lebat, ada baiknya kita meneduh dan menunggu hingga hujan reda.

Hujan yang dingin tentu akan sangat nikmat jika diiringi dengan konsumsi makanan hangat dari pedagang kaki lima layaknya gorengan yang renyah. Banyak orang yang mengakui jika musim hujan akan membuatnya lebih banyak ngemil dari biasanya. Konsumsi makanan pinggir jalan yang kurang sehat layaknya gorengan ditengarai bisa ikut memicu penurunan daya tahan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Musim hujan juga berarti akan ada lebih banyak nyamuk penyebar penyakit dari biasanya. Jika kita tergigit nyamuk, ada baiknya kita tidak segera menggaruknya karena bisa menyebabkan masalah yang lebih besar, apalagi jika setelah menggaruk, kita menyentuh makanan yang membuat berbagai kuman dan bakteri ikut masuk ke dalam tubuh. Untuk mengurangi serangan nyamuk, ada baiknya kita juga meminimalisir genangan air layaknya pada pot bunga, akuarium, hingga parit dekat dengan rumah sehingga perkembangannya pun terhambat.

Baca Juga:  Minum Air Putih Untuk Mencegah Munculnya Penyakit Flu

Untuk menyempurnakan perlindungan saat musim hujan, cobalah untuk mengkonsumsi teh herbal dengan rutin sehingga tubuh pun memiliki kekuatan tambahan dari zat antioksidan dan anti bakteri dari teh herbal ini.