Musim Hujan Bukanlah Alasan Untuk Tidak Berolahraga Lari

DokterSehat.Com – Fenomena unik berlangsung pada tahun ini dimana hingga pertengahan bulan April seperti sekarang ini, musim hujan masih berlangsung di berbagai daerah dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Hujan sendiri kerap kali dianggap sebagai waktu yang sangat nyaman untuk bermalas-malasan dan menikmati tempat tidur, khususnya saat akhir pekan tiba. Banyak orang yang biasanya berolahraga lari, pada akhirnya akan malas keluar rumah karena tidak ingin berlari dengan hujan-hujanan. Well, hal ini berarti kita tidak akan mendapatkan aktifitas fisik yang dibutuhkan untuk membakar kalori, bukan? Pelari Scott Jurek dari Amerika Serikat justru berkata jika seharusnya hujan tidak menjadi alasan untuk tidak berlari seperti biasanya.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Memang, berlari di kala hujan akan membuat tubuh menjadi basah dan ditakutkan akan membuat kita jatuh sakit. Namun, Jurek menekankan jika efek positif bagi kesehatan, khususnya dalam melatih ketahanan tubuh, akan jauh lebih besar sehingga kita harus tetap melakukannya. Toh, setelah berolahraga lari, kita bisa langsung mandi dan mendapatkan kesegaran tubuh kembali. Berlari di kala hujan juga harus memperhatikan beberapa persiapan, khususnya dalam hal perlengkapan lari karena tentu baju dan sepatu akan basah kuyup dan mempengaruhi performa lari kita.

Kita bisa memakai baju dan celana yang cenderung pendek sehingga gesekan akibat baju yang lebih basah dan berat bisa diminimalisir. Namun, jika kita memiliki jaket kedap air yang dilengkapi dengan hood kepala, maka jaket ini bisa menjadi solusi agar tubuh tidak basah saat berlari. Baju yang dipilih juga sebaiknya yang berwarna lebih cerah sehingga meskipun hujan cukup deras dan suasana cenderung gelap, kita masih bisa aman dan tidak mudah mengalami kecelakaan layaknya tertabrak kendaraan. Perhatikan juga sepatu yang anda bawa saat berlari di tengah hujan. Selain sepatu yang ringan karena jika basah bisa mengalami pertambahan berat, gunakanlah sepatu dengan alas yang anti slip agar kita tidak mudah terpeleset.

Baca Juga:  Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa

Hanya saja, jika kita memiliki uang lebih dan mampu membeli treadmill, maka kita tentu tidak perlu lagi repot-repot berlari menerjang hujan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jurek sendiri mengakui jika treadmill bisa menjadi pilihan menarik untuk tetap bisa berlari karena tidak terpengaruh kondisi hujan deras, petir yang menyambar, atau bahkan angin kencang.