Musik Tingkatkan Fungsi Jantung dan Olahraga

DokterSehat.com – Sebuah riset terbaru mengungkapkan bahwa mendengarkan musik kesukaan ternyata mampu memperkuat kinerja jantung dan membantu pemulihan bagi para penderita penyakit jantung.



Pada saat seseorang mendengarkan musik favorit, tubuh melepaskan zat biokimia alami yang disebut dengan endorphin. Endorphin dapat meminimalisir keluhan rasa sakit serta dapat memicu peningkatan kesehatan jantung. Musik instrumental yang tanpa lirik justru dinilai lebih mendatangkan efek baik dibanding dengan musik berlirik, karena tak jarang ada beberapa kalimat yang terdapat pada lirik lagu yang memicu rasa jengkel dan berakibat pada peningkatan aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan risiko serangan jantung.

Untuk menjalankan riset tersebut, para pakar dari University of Niš, Serbia, melibatkan 74 pasien penyakit jantung. Ketujuh puluh empat pasien dibagi ke dalam 3 kelompok. Kelompok I merupakan kelas khusus olahraga selama 3 minggu; Kelompok II juga merupakan kelas khusus olahraga yang ditambahkan dengan kegiatan mendengarkan musik selama tiga puluh menit setiap hari; Kelompok III diminta untuk selalu mendengarkan musik setiap hari, tanpa adanya kelas olahraga.

Hasilnya, Pasien penyakit jantung yang diminta untuk mendengarkan musik dan diadakan kelas olahraga, fungsi jantungnya cenderung meningkat signifikan dan kemampuan olahraganya mengalami peningkatan rata-rata 39 persen.

Sedangkan kelompok I yang diberi kelas tanpa adanya mendengarkan musik, kemampuan olahraganya hanya mengalami peningkatan sebesar 29 persen. Sementara kelompok III yang mendengarkan musik tanpa kegiatan olahraga sama sekali, mengalami peningkatan olahraga sebesar 19 persen. Ini berarti dengan kegiatan mendengarkan musik saja, maka kemampuan olahraga penderita penyakit jantung dapat mengalami peningkatan, apalagi jika ditambah dengan kegiatan olahraga.

Profesor dari University of Niš,  Dr. Marina Deljanin Ili?, MD, PhD., yang sekaligus menjabat sebagai pimpinan riset menyatakan bahwa, kombinasi musik dan olahraga dapat menyebabkan adanya peningkatan fungsi jantung yang cukup baik serta dapat memperbaiki kemampuan olahraga secara signifikan.

Baca Juga:  Luar Biasa, Pria Ini Mampu Menyelesaikan Lomba Marathon Meskipun Paru-Parunya Bermasalah

Lebih lanjut Dr. Marina Deljanin Ili?, MD, PhD., menambahkan bahwa kegiatan mendengarkan musik kesukaan dan berolahraga dengan teratur dapat membantu peningkatan fungsi jantung sehingga cara ini dapat menjadi metode tambahan dalam proses rehabilitasi pasien dengan keluhan penyakit jantung atau CAD (Coronary Artery Disease). Tidak semua musik ideal untuk orang yang mengidap penyakit jantung. Penderita penyakit jantung harus menentukan musik yang dapat meningkatkan emosi positif sehingga mampu memicu perasaan senang dan santai.

Dr. Marina Deljanin Ili?, MD, PhD., juga mengungkapkan bahwa untuk sementara riset tersebut hanya melibatkan pasien penyakit jantung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat melibatkan orang-orang yang tidak mengidap penyakit jantung sehingga orang-orang diluar penderita sakit jantung dapat memperoleh manfaat dari kegiatan mendengarkan musik favorit. Dengan demikian akan semakin banyak orang yang selalu merasa santai dan bahagia sehingga terhindar dari bahaya penyakit jantung.

Ayo berolahraga sambil mendengarkan musik favorit Anda!