informasi kesehatan


Muntah Darah Secara Tiba-tiba

Muntah Darah Secara Tiba-tiba

            

DokterSehat.com – Kadang kita sering melihat orang yang sehat, segar bugar tapi tiba-tiba saja muntah darah. Apa yang terjadi dengan orang itu? Gejala muntah darah rata-rata hampir sama, tapi penyebabnya berbeda-beda. Ternyata setelah di teliti orang tersebut mengidap kerusakan hati berat dengan muntah darah yang terjadi pada dirinya.

SIROSIS HATI

Kasus tersebut di atas merupakan komplikasi akibat kerusakan organ hati/lever. Organ hati sebagian besar sudah tidak berfungsi normal. Jaringan hati sudah berubah sifat. Bukan lagi jaringan hati normal, melainkan menjadi jaringan ikat, disebut sirosis.

Penyebab sirosis harus diketahui melalui pemeriksaan laboratorium, perlu dilakukan pemeriksaan patologi anatomi (PA) untuk melihat jenis jaringan hati seperti apa persisnya. Dokter perlu mengambil serpihan jaringan dengan jarum khusus untuk diperiksa (biopsi hati).

Sirosis merupakan kondisi terakhir kerusakan hati oleh penyebab yang beragam. Mulai dari kelainan hati, bawaan lahir, penyakit infeksi hati (hepatitis), keracunan obat hingga keracunan bahan aflatoxin ( kacang-kacangan, umbi-umbian busuk ) dan alkoholik (peminum alkohol berat).

Dari riwayat orang yang mengidap sirosis akan terungkap apa penyebabnya. Sebagai contohnya, peminum jamu rumahan dulu terkena kerusakan hati oleh aflatoxin karena bahan baku pembuat jamunya busuk, Kacang tanah kita pernah ditolak Jepang karena berjamur.

Cara simpan bahan kacang-kacangan, umbi-umbian, padi-padian yang tidak benar, akan menumbuhkan jamur khusus yang memproduksi aflatoxin. Karena itu kalau makan kacang terasa busuk, jangan teruskan menelannya.

Jamu dari bahan tercemar jamur umumnya berubah rasanya. Bertahun-tahun tubuh tercemar aflatoxin akan merusak hati.
Ternyata fakta membuktikan orang yang muntah darah tadi mengaku rajin minum jamu rumahan sejak mudanya. Ia cenderung memilih jamu Korea dan Cina. Sangat bisa jadi itu penyebab kenapa hatinya menjadi rusak, dan kini ia didiagnosis sirosis.Sebagian pasien lain diduga sering mengonsumsi alkohol dulunya, hingga menyebabkan ia mengalami sirosis.

PEMERIKSAAN LABORATORIUM

Organ hati paling tangguh beradaptasi dengan kerusakan yang dialami. Oleh sebab itu sebelum sebagian besar organ mengalami kerusakan, keluhan belum terasa dan gejalanyapun tidak jelas. Sebagian besar pasien tidak merasakan keluhan berarti sehubungan dengan organ hatinya yang seolah mendadak rusak. Ada yang merasa mual-mual seperti sakit maag, kadang saja ada rasa tidak enak di perut kanan atas seperti perasaan mengganjal.

Yang lebih mengherankan tidak ada petunjuk nyata kalau sebetulnya sejak bertahun-tahun lalu, mungkin lebih dari 10 tahun, hati sudah tidak normal. Semua orang kadang menyalahkan mengapa hati sampai rusak begitu, tidak cepat disadari. Sudah sampai muntah darah, baru tahu kalau ada yang tidak beres.

Dan memang seperti itu kondisi kebanyakan orang yang mengalami kerusakan hati.Selagi masih ringan dan baru tahap permulaan tidak ada keluhan, apalagi gejala nyata. Mungkin mirip sakit maag. Keluhan maag biasanya diabaikan karena dianggap enteng.
Oleh karena itu segeralah melakukan pemeriksaan laboratorium.

Dengan membaca fungsi hati dari darah akan terungkap sudah seperti apa kondisi hati. SGPT dan SGOT yang meninggi menggambarkan kondisi fungsi hati bermasalah.
Apabila Dokter mencurigai ada yang tidak beres dengan hati, perlu ditindaklanjuti pemeriksaan lab hati yang menjurus, misal GAMMA-GT dan ALPHA-FETO PROTEIN.
Bila hasil keduanya positif, lebih memastikan kemungkinan sirosis, walau kemungkinan kanker belum bisa disingkirkan. Kepastian hanya bisa terungkap dari hasil biopsi dan melihat patologi anatomi jaringan yang diambil dari hati.

BENDUNGAN PEMBULUH DARAH HATI

Gejala muntah darah adalah salah satu komplikasi bila kerusakan hati sudah meluas. Karena jaringan hati berubah, darah yanga mengalir memasuki hati mengalami hambatan.
Darah yang menuju ke hati berasal dari usus selain limpa. Bila di hati darah tidak bisa mengalir lancar karena pembuluh darah sudah mnegalami perubahan sehubungan dengan kerusakan hati, darah terbendung pada seluruh saluran yang menuju dan keluar dari hati.

Bendungan darah menimbulkan pelebaran pipa pembuluh darah yang terkait dengan saluran darah yang menuju maupun yang keluar dari hati ( sistem portal ). Pipa pembuluh darah akan terus melebar sampai titik pelebaran tertentu, lalu tiba saatnya pecah. Salah satunya pembuluh darah yang berada pada dinding kerongkongan leher (esofagus).
Pecahnya pembuluh darah esofagus yang sudah berusaha melebar maksimal itulah yang menimbulkan gejala muntah darah. Ini kondisi gawat darurat karena perlu segera ditanggulangi, agar darah tidak terus terbuang.
Perlu tindakan penekanan di daerah pecahnya pembuluh darah (tamponade), selain memberikan infus obat yang mengendurkan tekanan pembuluh darah hati yang meninggi akibat adanya bendungan darah di dalam hati (portal hypertension). Selanjutnya, limpa sebagai pemasok darah ke hati perlu dikorbankan untuk dibuang, agar sumber curahan darah ke hati berkurang, dan tekanan pembuluh darah ke hati lebih mengendur, sehingga resiko pecahnya pembuluh darah lain bisa diredam.

TRANSPLANTASI HATI

Apakah dengan sudah teratasinya muntah darah itu, persoalan selesai? Belum!
Selama hati tidak mampu mengalirkan darah yang melaluinya agar bisa lancar,kemungkinan muntah darah berulang, atau pecahnya pembuluh darah lain di dalam pencernaan tidak terhindarkan.

Organ hati yang sebagian besar rusak, harus diganti karena tidak mungkin pulih/ sembuh. Diperlukan transplantasi. Organ hatinya diganti dari donor. Tergantung seberapa besar kerusakan, penggantian organ hati bisa sebagian (dari donor hidup) dengan meminta sebagian hatinya, atau ganti seluruhnya (dari donor mati).

Selama hati belum diganti, bukan saja ancaman pecahnya pembuluh darah hati akan bermasalah, fungsi hati yang terus menurun juga berdampak pada kondisi tubuh lainnya. Pasien bisa koma, selain melemah akibat menurunnya fungsi hati. Tungkai dan perut bengkak oleh terbendungnya cairan (oedema) karena protein penahan cairan yang diproduksi hati menurun.

Bendungan empedu menimbulkan gejala kuning, tidak ubahnya penyakit kuning. Bisa juga menjalar pada ginjal, pencernaan, dan akhirnya menimbulkan koma karena tubuh sudah keracunan akibat fungsi hati yang sudah sangat buruk.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang kesehatan bagi semua pembaca.

Sumber :GHS
Narasumber:Dr. Handrawan Nadesul

Print Friendly


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

230 Responses to “Muntah Darah Secara Tiba-tiba”

  1. ika febri says:

    dok mau tanya kakak saya sering muntah darah dan dadanya sakit saat muntah darah. itu kenapa ya dok? terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  2. Yati says:

    Terima kasih,,, info ini membantu sekali

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. yanti says:

    Dok adik sya muntah darah tiba tiba tpi d ikuti batuk2 itu knpa ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Dok mau nanya suamiku akhir2 ini sering muntah keluar darah dan batuk juga lalu kalau mengeluarkan ludah sering berdarah itu kenapa yah dok? Apa mungkin penyakitnya sama dong?terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • muh ridwan says:

        Dok kenapa saya bisa muntah darah saat saya muntah
        Padahal saya lagi masuk angin terus saat saya muntah keluar makanan yang sudah saya telan terus gk lama keluar darah saat saya muntah

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. karina says:

    dok saya sering keluar darah dari mulut saya tpi saya tdk tau penyebapnya aph ..
    dan kalu saya mengeluarkan darah itu juga tdak di sertai batuk atu sakit aph pun dokk ..
    tpi hapir setiap hari saya kya gtu ..
    tpi arti nya itu ya dok ??

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  6. nomi says:

    Dok mertua saya muntah daraah tapi tak tau sebab ny
    Itu gejala apa ya dok?
    Trims..sebelum ny

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Muntah darah kemungkinannya sudah dijelaskan pada artikel diatas. Segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Mimi says:

    Dok, sy 2 hari yg lalu flu, lalu mlmnya sy minumkan obat tremenza… besoknya sih ilang flunya… tp mulai siang pas hbs kerja sy kecapean dan tubuh sy panas… sy istirahat dr sore… mlm sy minumkan obat tremenza lagi sm paracetamol krn bdn sy panas… pas bngun td pagi tb2 kayak ada dahak dimulut sy… pdhl sy tdk batuk… sekali sy keluarkan ternyata darah dan ada darah kentalnya… kira2 itu bahaya gak dok? Makasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Lex'z Dryka says:

    Selamat malam Dr.Vanny

    Dok,,saya mau tanya,,klo tiba-tiba muntah darah,,trus dada terasa sakit,,tenggorokan terasa panas itu kenapa ya dok..??
    Baru pertama kali saya merasakan ini.. Trims.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Berapa banyak darahnya? Apa warna darahnya? MMerah segar atau kehitaman?

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. muh ridwan says:

    Dok saya mau nanya knapa saat saya muntah biasa seperti muntah masuk angin kan biasanya keluar bekas makanan yang saya makan terus kenapa bisa keluar darah

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. isma says:

    Dok , mau tanya , kalau orang sakit kanker hati trus tiba2 muntah darah , itu pertanda apa?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0