Mungkinkan Susu Kedelai Bisa Menjadi Pengganti Susu Sapi?

DokterSehat.Com– Banyak anak yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi karena mengalami alergi. Untuk mengakalinya, kebanyakan orang tua memberikan susu kedelai yang dianggap lebih aman. Sebenarnya, apakah susu kedelai memang bisa mennggantikan susu sapi?

doktersehat-susu

Susu kedelai utuh
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita memberikan susu kedelai utuh, bukannya yang berjenis rendah lemak atau bebas lemak. Hal ini disebabkan oleh pentingnya lemak bagi perkembangan otak anak. Haya saja, jika anak mengalami masalah obesitas atau memiliki riwayat penyakit jantung, susu kedelai rendah atau bebas lemak memang lebih direkomendasikan.

Menurunkan penyerapan kalsium
Susu kedelai memiliki kandungan phytate yang sayangnya bisa menurunkan penyerapan kalsium serta mineral lainnya. Karena alasan inilah ada baiknya kita juga memberikan asupan kalsium yang cukup tinggi bagi anak jika mereka mengkonsumsi susu ini seperti brokoli, kangkung, yoghurt, atau keju.

Tidak memiliki kandungan vitamin B12
Susu kedelai ternyata tidak memiliki kandungan vitamin B12, vitamin yang banyak terdapat pada susu sapi. Untuk mensiasatinya, kita bisa menuangkan susu kedelai di atas sereal yang kaya akan vitamin agar kita tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Kandungan isoflavon
Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon, semacam fotoestrogen atau hormon yang mirip dengan estrogen yang memang biasa ditemukan pada tanaman biji-bijian. Banyak orang yang berpikir jika kandungan ini berbahaya bagi anak-anak. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ditemukan fakta bahwa kandungan ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan anak.

Alergi
Sebagian kecil anak yang mengalami alergi dengan susu sapi, tepatnya 10 hingga 14 persen, ternyata juga akan mengalami alergi pada susu kedelai. Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk mengecek apakah anak juga akan mengalami alergi saat mengkonsumsi susu kedelai ini atau tidak. Jika anak tetap bisa menikmatinya tanpa mengalami alergi, maka susu ini memang bisa dijadikan pengganti susu sapi.