Mungkinkah Tubuh Terlihat Gemuk Karena Ukuran Tulang yang Besar?

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah bertemu dengan orang-orang yang memiliki tubuh gemuk namun mengaku jika kondisi tubuh mereka ini disebabkan oleh ukuran tulang yang besar, bukannya penumpukan lemak sebagaimana kebanyakan orang yang memiliki tubuh gemuk lainnya. Apakah memang tubuh yang gemuk bisa disebabkan oleh ukuran tulang yang besar?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Pakar kesehatan Dr. dr. Samuel Oetoro,MS, SpGK(K) menyebutkan jika anggapan bahwa tubuh gemuk disebabkan oleh ukuran tulang yang besar ternyata tidak benar adanya. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang gemuk ternyata memiliki struktur tulang dan otot yang sama dengan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki bentuk tubuh yang normal. Yang membedakan adalah tumpukan lemak yang ada pada tubuh mereka yang gemuk jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang ideal. Menurut dr. Oetoro, mereka yang gemuk tidak bisa berdalih jika kondisi tubuhnya yang kurang sehat ini disebabkan oleh ukuran tulang yang besar.

Pakar kesehatan gizi, Prof. Dr. Ir. Hardiansyah, MS, yang berasal dari Institut Pertanian Bogor ternyata memberikan pendapat yang sedikit berbeda. Menurut beliau, kondisi tubuh yang gemuk atau kurus ternyata bisa dipengaruhi oleh ukuran tulang. Bagi mereka memiliki ukuran tulang yang cenderung besar, maka mereka pun akan cenderung lebih gemuk. Sebaliknya, mereka yang memiliki tulang lebih kecil, resiko untuk menjadi gemuk juga tidak begitu besar. Menurut beliau, kerangka yang besar akan membuat lebih banyak otot yang menempel dan mempengaruhi bentuk tubuh. Tak hanya itu, ukuran tulang ternyata juga mampu memberikan pengaruh pada kebutuhan energi harian. Sebagai contoh, jika otot yang melekat lebih sedikit, maka kebutuhan energinya juga lebih sedikit.

Baca Juga:  Kegemukan/ Obesitas - Penyebab, Gejala,dan Penanganan

Hanya saja, apapun jenis ukuran tulang yang dimiliki, jika memang kita tidak menerapkan pola makan yang sehat dan sering mengkonsumsi kalori dengan berlebihan, maka sisa kalori yang tak terbakar ini akan diubah tubuh menjadi simpanan lemak dan pada akhirnya membuat kenaikan berat badan.