Mungkinkah Orang Gemuk Bisa Tetap Sehat?

doktersehat-makan-di-meja-kantor-gemuk-gendut-obesitas

DokterSehat.Com– Meskipun di Indonesia masih ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa gemuk adalah tanda bahwa tubuh dalam kondisi sehat, kini semakin banyak orang yang menganggap gemuk sebagai penyebab dari datangnya berbagai masalah kesehatan. Memang, ada banyak sekali penyakit yang bisa disebabkan oleh masalah kegemukan ini seperti diabetes atau bahkan penyakit jantung yang sangat mematikan. Namun, apakah mungkin kita bisa tetap sehat meskipun memiliki tubuh yang gemuk?

Dalam laporan kesehatan berjudul Clinical Guidelines on the Identification, Evaluation, and Treatment of Overweight and Obesity in Adults yang dikeluarkan oleh National Institutes of Health pada tahun 1998 lalu, disebutkan bahwa mereka yang berada dalam kondisi gemuk ternyata tetap bisa berada dalam kondisi sehat meskipun harus menjaga berat badannya dan gaya hidupnya dengan baik.

Dalam laporan ini, disebutkan bahwa orang gemuk tetap bisa disebut sehat asalkan memenuhi beberapa persyaratan layaknya memiliki lingkar pinggang yang masih dalam batas aman, yakni 101 cm untuk pria dan 89 cm untuk wanita, serta tidak mengalami tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, kita juga tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, dua hal yang bisa memicu peningkatan resiko penyakit-penyakit berbahaya.

Pakar kesehatan Dr. dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) menyebutkan bahwa orang yang gemuk harus rajin-rajin melakukan pemeriksaan kesehatan agar bisa menentukan gaya hidup seperti apa yang sebaiknya dilakukan demi mencegah penyakit. Namun, ada baiknya memang mereka yang memiliki kelebihan berat badan segera melakukan program penurunan berat badan baik itu berupa menata kembali pola makan agar lebih sehat atau melakukan olahraga dengan teratur agar tubuh mereka berada dalam kondisi yang sehat dan tidak mudah didatangi penyakit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik