Mungkinkah Kita Bisa Mengendalikan Mimpi?

DokterSehat.Com– Mimpi atau bunga tidur seringkali dianggap sebagai sesuatu hal yang tidak bisa kita kendalikan. Karena alasan inilah kita bisa saja mengalami mimpi buruk. Namun, belakangan ini kita tentu pernah melihat tips-tips yang menyebutkan bahwa kita bisa mengendalikan mimpi kita. Sebenarnya, apakah hal in memang bisa kita lakukan?

doktersehat-REM-tidur

Sebuah penelitian pun dilakukan di University of Adelaide, Austalia untuk mencari tahu jawaban akan pertanyaan ini. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa ternyata ada beberapa kombinasi cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan mimpi. Teknik untuk melakukannya adalah dengan terbangun dari tempat tidur dan tetap terjaga selama beberapa waktu dan kembali tidur agar bisa segera memasuki fase tidur REM, waktu dimana mata melakukan gerakan mata yang sangat cepat dan diiringi dengan munculnya mimpi yang mild atau jernih. Pastikan bahwa kita terbangun setelah tidur selama 5 jam dan saat tersadar sebentar, mantapkan pikiran bahwa kita akan mengetahui bahwa kita sedang bermimpi dan bisa mengendalikannya.

Dari 47 orang yang menjalani teknik ini selama sepekan, 17 persen partisipan ternyata berhasil mendapatkan mimpi yang jernih dan bisa mereka ingat layaknya pengalaman yang nyata. Hampir separuh atau sekitar 46 persen dari partisipan yang berhasil tertidur kembali dalam waktu 5 menit dengan menggunakan teknik ini bahkan mengaku bisa mengingat mimpi dengan jelas dan membuat mereka mampu mengendalikannya.

Penulis penelitian ini, Dr. Denholm Aspy menyebutkan bahwa penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Dreaming ini mampu membuat kita mendapatkan tidur yang jauh lebih nyenyak dan berkualitas karena tidak akan membuat kita kelelahan atau ketakutan saat bangun pagi.