Mungkinkah Ketombe Bisa Menular?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan rambut yang paling menyebalkan adalah ketombe. Bagaimana tidak, adanya ketombe yang akan membuat rambut dan bahu menjadi kotor ini tentu akan menurunkan rasa percaya diri. Hanya saja, ada sebuah anggapan bahwa ketombe yang juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur ini bisa membuatnya menular ke orang lain. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Menurut laman kesehatan thehealthsite.com, disebutkan bahwa ketombe ternyata tidak menular. Memang benar bahwa ketombe bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur malassezia yang ada pada kulit kepala sehingga menyebabkan munculnya serpihan berwarna kekuningan atau putih, namun, ketombe bisa dipastikan tidak menular.

Menurut pakar kesehatan, ketombe bisa semakin memburuk jika suhu atau kelembaban pada kulit kepala semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh kurang baiknya kita dalam merawat kebersihan kulit kepala dan rambut kita.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencuci rambut setidaknya dua kali dalam sepekan dan pastikan untuk mengeringkannya. Jika rambut sampai basah karena kehujanan, pastikan pula untuk mencucinya dan mengeringkannya untuk mengurangi resiko munculnya ketombe. Jika kita memiliki masalah kulit kepala yang kering, kita bisa menggunakan minyak kelapa di malam sebelum tidur untuk melembabkannya semalaman sebelum kita berkeramas di pagi harinya. Selain itu, pastikan untuk memakai produk perawatan rambut yang tidak mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit kepala teriritasi atau membuat ketombe menjadi semakin parah.