Mungkinkah Hamil Jika Berhubungan Intim Saat Haid?

DokterSehat.Com– Saat wanita sedang menstruasi, pasangan sangat tidak disarankan untuk berhubungan intim. Tak hanya karena wanita sedang dalam kondisi menstruasi yang membuat tubuh mereka cenderung lebih sensitif dengan berbagai benturan dan hal lainnya, berhubungan intim saat haid juga disebut-sebut tidak akan membuat kehamilan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Pakar kesehatan di bidang kandungan yang ada di Los Angeles Amerika Serikat bernama Michele Hakakha, MD, menyebutkan bahwa wanita yang sedang haid ternyata tetap bisa mendapatkan kehamilan jika mereka melakukan hubungan intim tanpa pengaman.

Sebelum membahas jauh tentang bagaimana hal ini bisa terjadi, Michele menyebut fase haid sebagai fase keluarnya darah kotor pada bagian akhir siklus ovulasi yang sebenarnya adalah sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma. Sebelum proses pelepasan sel telur ini, hormon pada tubuh wanita akan mengalami peningkatan untuk kembali memulai siklus ovulasi sekaligus membuat lapisan rahim lebih tebal dengan tujuan bersiap-siap andai sel telur dibuahi. Jika tidak ada pembuahan, maka muncullah proses menstruasi tersebut.

Normalnya, siklus ovulasi wanita akan terjadi sekitar 28 hingga 32 hari dan mereka akan mengalami menstruasi selama 2 hingga 8 hari. Biasanya, saat menstruasi ini mereka tidak akan bisa hamil. Namun, ada wanita lain yang mengalami siklus ovulasi dengan waktu yang lebih pendek dan juga mengalami fase menstruasi lebih cepat, yakni sekitar 7 hari saja. Jika di hari terakhir menstruasi mereka melakukan hubungan intim dan di tubuhnya terjadi proses ovulasi pada 3 hari ke depan, maka kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan sangat mungkin terjadi. Hal ini disebabkan oleh sperma yang bisa hidup selama 3 hingga 5 hari dan akhirnya bisa mencapai sel telur.

Baca Juga:  Jangan Melakukan Ini Sebelum Berhubungan Intim

Melihat adanya fakta ini, memang masih ada kemungkinan wanita untuk mendapatkan kehamilan karena berhubungan intim saat fase menstruasi meskipun memang cenderung tidak banyak terjadi.