Mungkinkah Berhubungan Intim Saat Menstruasi Bisa Membuat Hamil?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika untuk mendapatkan kehamilan, pasangan suami istri tentu harus melakukan hubungan intim saat mereka sedang dalam kondisi yang subur. Jika hubungan intim dilakukan di fase yang kurang subur, maka tentu kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan tentu akan jauh lebih kecil. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, andai pasangan melakukan hubungan intim ini saat sang istri sedang menstruasi, mungkinkah kehamilan bisa terjadi?

doktersehat-seks-seksualitas-hubungan-intim

Pakar kesehatan Robin Elise Weiss, PhD, menyebutkan jika pasangan yang melakukan hubungan intim saat menstruasi cenderung memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk mendapatkan kehamilan. Namun, menurut beliau, ternyata kemungkinan kecil ini masih bisa terjadi. Hal ini berarti, andai ada orang yang bertanya mungkinkah berhubungan intim saat menstruasi bisa menyebabkan kehamilan, maka jawabanya adalah iya.

Menurut Weiss, sperma pria ternyata mampu bertahan selama beberapa hari dalam organ reproduksi wanita. Andai pasangan melakukan hubungan intim di fase akhir menstruasi dan selang beberapa hari kemudian tubuh wanita mengalami fase ovulasi, maka sperma yang masih bertahan hidup ini bisa melakukan pembuahan pada sel telur sehingga akhirnya menyebabkan kehamilan. Hal ini berarti, andai wanita cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, maka waktu ovulasi juga tidak bisa diprediksi sehingga Ia pun akan kesulitan untuk mencegah kehamilan.

Melihat adanya fakta dimana bahkan saat fase menstruasi pun masih ada kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan, pasangan yang masih belum ingin mendapatkan kehamilan sebaiknya memang menggunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan intim, kapanpun hubungan ini dilakukan. Ada cukup banyak alat kontrasepsi yang bisa digunakan layaknya kondom, pil KB, dan lain sebagainya. Pilihlah yang nyaman untuk digunakan atau yang kita yakini cocok untuk mencegah kehamilan dengan efektif.