Muncul Rasa Sakit Setelah Berolahraga? Cobalah Lakukan Hal ini

DokterSehat.Com – Berolahraga dengan rutin adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain bagus bagi fisik, olahraga ternyata juga bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan mental, khususnya bagi mereka yang ingin meredakan stress. Sayangnya, banyak orang yang setelah melakukan olahraga hingga merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuhnya. Beberapa orang sendiri mempercayai jika rasa sakit setelah berolahraga adalah tanda bahwa mereka telah melakukan latihan fisik dengan benar. Namun, ada baiknya rasa sakit ini juga tidak dibiarkan begitu saja karena bisa saja justru akan membuat kegiatan sehari-hari menjadi terganggu. Apakah ada cara agar kita bisa segera mengatasi rasa sakit setelah berolahraga ini?

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

Cara pertama yang dikenal banyak orang untuk mengatasi rasa sakit setelah berolahraga adalah dengan pemijatan. Pemijatan sendiri diyakini mampu membuat rasa sakit yang diakibatkan oleh saraf-saraf yang stress menjadi lebih rileks. Selain itu, dengan pemijatan, aliran darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga otot-otot yang semula tegang akan menjadi lebih santai, dan tubuh pun akan lebih baik dalam mengatasi inflamasi.

Cara berikutnya untuk mengatasi rasa sakit setelah berolahraga adalah dengan cara memberikan kompres es pada beberapa bagian tubuh yang terasa sakit. Banyak kasus nyeri otot yang tidak disertai dengan pembengkakan dan untuk mencegah adanya cendera, ada baiknya kita memberikan kompres es selama beberapa waktu setelah berolahraga. Kompres es sendiri diyakini mampu membuat rasa sakit bisa lebih reda dan otot-otot bisa segera pulih kembali.

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa sakit setelah berolahraga adalah dengan meminum kopi. Tahukah anda, konsumsi kopi setelah berolahraga akan membantu rasa nyeri pada otot semakin berkurang. Kopi juga akan membuat kita bisa kembali mendapatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas.