Mulut Yang Kurang Bersih Adalah Pemicu Utama Masalah Bau Mulut

DokterSehat.Com – Meskipun bisa menjadi hal yang sangat mengganggu, dalam realitanya banyak orang yang tidak menyadari jika Ia mengalami masalah bau mulut. Jika anda mengalami masalah bau mulut yang sangat mengganggu ini, anda tentu akan kehilangan rasa percaya diri karena takut lawan bicara anda terganggu dengan bau mulut anda, bukan? Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari masalah bau mulut?

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan menyebutkan jika bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Meskipun bisa disebabkan oleh kondisi mulut yang sedang tidak sehat sehingga banyak bakteri yang pada akhirnya berkembang dengan pesat dan menciptakan pembusukan, penyebab utama dan paling sering terjadi pada mereka yang terkena masalah bau mulut adalah mulut yang kurang bersih. Jika kita jarang membersihkan gigi atau mulut setelah makan, maka tentu akan ada banyak sekali sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi atau berbagai bagian mulut yang tentu akan segera dihinggapi oleh banyak bakteri. Dengan jumlah bakteri yang meningkat tajam, tentu bau mulut pun akan mengalami peningkatan.

Bau mulut ternyata juga berkaitan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan seseorang. Sebagai contoh, jika kita berpuasa atau lama tidak meminum air putih, maka mulut kita pun akan cenderung lebih bau dari biasanya. Selain itu, jika kita menyukai konsumsi makanan yang memiliki bau menyengat layaknya bawang-bawangan, maka kita juga bisa mengalami masalah bau mulut. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada sebagian orang yang tidak mengkonsumsi karbohidrat dengan cukup sehingga tubuh pun memakai lemak sebagai bahan bakar sistem metabolisme pengganti. Pembakaran lemak ini ternyata bisa memicu bau yang kurang sedap pada keringat dan juga mulut.

Dikarenakan 90 persen masalah bau mulut disebabkan oleh kurang bersihnya kondisi mulut kita, maka ada baiknya kini kita rajin-rajin membersihkan gigi, khususnya setelah makan sehingga mulut kita tetap segar dan terbebas dari bau yang tidak sedap.