informasi kesehatan


Mulut Kering: Gejala & Penyebabnya

Mulut Kering: Gejala & Penyebabnya

            

DokterSehat.com – Mulut kering atau istilah medisnya disebut xerostomia merupakan penyakit kekurangan cairan ludah yang umum terjadi pada kita. Namun, sebaiknya jangan remehkan mulut kering ini, karena ini dapat berefek pada kenikmatan Anda ketika makan dan kesehatan gigi. Cairan ludah membantu mencegah kerusakan gigi dengan membatasi pertumbuhan bakteri dan membersihkan makanan dan plak. Selain itu, enzim pada cairan ludah bisa membantu proses pencernaan.

 

Gejala

Jika Anda tidak memproduksi cukup cairan ludah, Anda mungkin akan mengalami tanda dan gejala berikut ini:

  1. Kekeringan pada mulut
  2. Cairan ludah terasa kental
  3. Benjolan atau pecah pada sudut mulut
  4. Bibir pecah-pecah
  5. Sakit tenggorokan
  6. Berubahnya kemampuan merasakan
  7. Infeksi jamur pada mulut
  8. Bertambahnya plak, kerusakan gigi dan sakit gusi

 

Penyebab

Penyebab mulut kering ini antara lain:

  1. Obat. Ratusan obat-obatan, termasuk beberapa obat tanpa resep, menyebabkan mulut kering sebagai efek samping.
  2. Usia. Usia yang bertambah tua bukanlah faktor risiko mulut kering. Tetapi bagaimanapun orang berusia lanjut lebih sering membutuhkan obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering.
  3. Terapi kanker. Kemoterapi dapat mengubah kealamian cairan ludah dan produksinya. Pengobatan secara radiasi pada kepala dan leher dapat merusak kelenjar ludah yang menyebabkan berkurangnya produksi cairan ludah.
  4. Kerusakan saraf.  Pada peristiwa kecelakaan atau operasi yang menyebabkan kerusakan saraf pada area kepala dan leher juga dapat menyebabkan xerostomia.
  5. Kondisi kesehatan lainnya. Mulut kering dapat menjadi akibat dari kondisi kesehatan tertentu – atau saat pengobatannya – termasuk diabetes, Parkinson, HIV/AIDS, dan depresi. Stroke dan Alzheimer’s dapat menyebabkan mulut kering. Mendengkur dan bernapas menggunakan mulut dapat menyebabkan mulut terbuka yang mendorong masalah ini.
  6. Penggunaan tembakau. Merokok atau mengunyah tembakau dapat meningkatkan gejala mulut kering.
  7. Penggunaan lipstik. Pada wanita mulut kering dapat disebabkan oleh lipstik yang menempel pada gigi.

 

Perawatan

Meskipun perawatannya tergantung pada penyebabnya, mulut kering sering merupakan efek samping dari obat. Mulut kering dapat diperbaiki dengan menyesuaikan kembali dosis atau dengan resep yang baru.

 

Sumber: health.kompas.com

pf button both Mulut Kering: Gejala & Penyebabnya


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

4 Responses to “Mulut Kering: Gejala & Penyebabnya”

  1. millna bali says:

    kurangi minum obat yg berlebihan, sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi suplemen kesehatan..mksh ya artikelnya ..bagus bangaet…

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 7 Thumb down 0

  2. krisman jaya hura says:

    salom…..
    tolong bantu saya, apa nama obat mulut kering dan tenggorokan sakit. akibat efek samping dari obat kemo dan sinar dari radio trapi. pliss……udah 3 tahun q blom ke rumah sakit

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat makam,
      salam sehat,

      Gejala seperti mulut kering itu memang banyak dialami oleh orang yang sedang terapi kemo. perbanyaklah minum air putih, tambahan multivitamin c bisa dikomsumsi. Untuk tenggorokan sakit bisa dibantu dengan obat kumur yang bisa dibeli di apotik untuk mengurangi gejala. Dan obat-obatan lain yang tentunya harus diperiksa dokter terlebih dahulu (sesuai resep dokter). Konsultasilah dengan dokter yang sekaligus melakukan terapi kemo tersebut.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih, gbu

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0