Mulut Bau Naga Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan bau mulutnya saat bangun tidur. Padahal, mereka merasa sudah membersihkan giginya sebelum tidur. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya bau mulut saat kita bangun tidur ini?

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun kita sudah menyikat gigi sebelum tidur, terkadang masih ada sisa makanan yang ternyata tidak tersentuh oleh sikat gigi. Alhasil, saat tidur, bakteri yang ada di dalam mulut pun menggerogoti berbagai sisa makanan tersebut dan berkembang biak. Saat memecah protein yang berasal dari sisa makanan ini, zat sulfur muncul dan akhirnya menyebabkan mulut kita menjadi bau. Selain adanya perkembangan bakteri dan munculnya zat sulfur, kondisi mulut yang terus tertutup membuat tidak adanya sirkulasi udara sehingga baunya pun terus terkumpul pada mulut kita.

Sebenarnya, proses bakteri dalam menggerogoti sisa makanan ini juga berlangsung di siang hari. Hanya saja, karena saat siang kita kerap makan dan minuman, maka mulut pun akan memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak. Padahal, air liur inilah yang menjadi penghambat pertumbuhan dan kinerja bakteri. Alhasil, proses pemecahan protein pada sisa makanan tidak begitu sering terjadi sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami bau mulut.

Penyebab lain dari munculnya bau mulut saaat bangun tidur adalah makanan yang kita konsumsi sejak siang hari yang memang memiliki kecenderungan mampu membuat bau tidak sedap. Selain itu, bagi mereka yang memang cenderung malas membersihkan gigi dan mulut, khususnya sebelum tidur, maka resiko untuk terkena bau mulut juga akan meningkat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap rajin menyikat gigi sebelum tidur. Memang, kita masih bisa mengalami bau mulut, namun, setidaknya bau mulut ini tidak begitu parah dan bisa segera dihilangkan setelah makan, minum, atau kembali menyikat gigi.