Multiple Sklerosis : Tanda dan Gejala

DokterSehat.Com – Multiple sklerosis adalah sebuah penyakit yang mengenai sistem syaraf. Pada multiple sklerosis , sistem imun tubuh menyerang selubung syaraf dan meninggalkan jaringan parut di banyak area. Kerusakan terhadap pembungkus syaraf yang biasa disebut mielin menyebabkan masalah pada aliran listrik syaraf di otak serta seluruh syaraf di tubuh.

doktersehat-Multiple-Sclerosis

Gejala dari multiple sklerosis bisa berbeda pada tiap tiap pasien yang menderita penyakit tersebut. Beberapa gejala yang sering muncul yaitu :

  1. Baal atau kelemahan pada tangan dan kaki
  2. Penglihatan kabur atau penglihatan ganda
  3. Nyeri ketika menggerakan bola mata
  4. Kehilangan penglihatan sebagian atau seluruhnya
  5. Kurangnya koordinasi dalam berjalan
  6. Tremor ( bergetarnya tangan ketika aktivitas )
  7. Fungsi buang air besar dan buang air kecil yang terganggu
  8. Kelemahan yang amat sangat

Ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang jadi lebih rentan menderita multiple sklerosis :

  1. Jenis kelamin. Wanita memiliki kesempatan atau peluang yang lebih besar untuk menderita multiple sklerosis dibandingkan dengan laki laki.
  2. Riwayat keluarga. Jika ada seseorang dari anggota keluarga menderita sakit multiple sklerosis, maka risiko nya menjadi lebih besar untuk menderita multipke sklerosis juga.
  3. Berbagai infeksi virus berhubungan dengan multiple sklersosis, termasuk Epstein Barr virus.
  4. Orang kulit putih, terutama mereka yang tinggal di Eropa memiliki risiko yang lebih besar. Orang orang Asia, Afrika ataupun Amerika memiliki risiko terkecil terkena multiple sklerosis.
  5. Gaya Hidup. Pada orang yang merokok akan lebih mudah terkenan penyakit multiple sklerosis dibandingkan dengan yang tidak menghisap rokok. Mereka yang rajin berolahraga memiliki risiko lebih kecil terkena multiple sklerosis.
  6. Penyakit autoimun lainnya. Seseorang yang menderita penyakit autoimin lebih rentan terkena multiple sklerosis.

Masih belum ditemukan bagaimana cara mencegah seseorang agar tidak menderita multiple sklerosis. Untuk alesan yang belum diketahui, sistem imun menyerang sistem syarafnya sendiri.