Mulai Unfriend Teman Gara-Gara Timeline Panas? Awas Ada Dampak Kesehatannya Lho

DokterSehat.Com – Dalam beberapa pekan terakhir, banyak orang yang mengeluhkan linimasa media sosial cenderung panas dengan berita politik dan SARA. Karena banyaknya silang pendapat, banyak orang yang memilih untuk mulai memutus hubungan pertemanan di dunia maya atau yang kerap disebut sebagai unfriend dengan yang tidak sependapat dengannya. Alasan dari melakukan unfriend ini biasanya adalah agar mereka tidak lagi merasa tersinggung saat menikmati media sosial yang bisa berimbas buruk bagi kesehatan mental. Namun, bagi pakar kesehatan, melakukan unfriend juga bisa memberikan dampak kesehatan tersendiri, lho.

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Sebenarnya, kecenderungan orang untuk melakukan unfriend atau setidaknya unfollow teman di media sosial sudah mulai dilakukan dua tahun lalu saat geger politik pilpres. Yang menarik adalah, belakangan ini, bersamaan dengan pilpres di Amerika Serikat yang juga membuat banyak orang melakukan unfriend ini, kita juga melakukan hal yang sama. Pakar kesehatan William Hobb yang berasal dari University of California pun melakukan penelitian untuk mempelajari fenomena ini dan menemukan fakta yang menarik, dimana hubungan pertemanan di dunia nyata maupun di dunia maya ternyata bisa berpengaruh dengan panjangnya usia seseorang.

Penelitian yang hasilnya dirilis oleh National Academy of Science ini dilakukan pada 12 juta pengguna media sosial Facebook dari California selama enam bulan pada rentang waktu 2012 dan 2013. Setelah dicek dengan data dari dinas kesehatan setempat, diketahui bahwa mereka yang memiliki banyak teman di media sosial ternyata memiliki resiko kematian muda yang jauh lebih rendah. Bahkan, andai mereka bisa menikmati pertemanan di media sosial, resiko kematian ini cenderung semakin menurun.

Ada penelitian lain yang dipublikasikan oleh Scientific Reports yang menyebutkan jika semakin banyak seseorang memiliki teman, termasuk di dunia maya, maka Ia akan cenderung lebih suka berolahraga dan menjaga kesehatannya. Menurut peneliti, banyaknya teman bisa membuat seseorang ikut kegiatan olahraga layaknya bersepeda atau sekadar berlari bersama-sama secara rutin.

Baca Juga:  Jarang Membersihkan Lantai Beresiko Menyebabkan Berbagai Penyakit

Memang, tidak serta merta meng-unfriend seseorang bisa membuat kita lebih tidak sehat dan memendekkan usia kita. Namun, jika hal ini berlanjut dengan kita menjadi malas berolahraga karena tidak ingin bertemu dengan orang yang beda pendapat dengan kita, tentu hal ini kurang baik bagi kesehatan, bukan?