Mulai Sekarang Stop Makan Kentang Goreng

DokterSehat.Com – French Fries atau biasa disebut kentang goreng memang sudah lama memiliki reputasi buruk. Rasanya yang gurih dan nikmat memang cocok disantap saat santai. Namun, jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, itu bukanlah hal yang baik.



Berikut alasannya mengapa Anda tidak boleh mengkonsumsinya :

  • Kandungan lemak jahat
    Makanan yang digoreng, terutama kentang goreng, memang terasa enak. Namun, bagaimanapun makanan yang digoreng tentu mengandung lemak jenuh dan lemak jahat yang bila tetap dibiarkan seiring dengan berjalannya waktu bisa saja menyebabkan timbulnya kanker. Menggoreng kentang dengan menggunakan minyak biasa dan bukan minyak alami seperti minyak bunga matahari dan minyak zaitun, dapat meningkatkan jumlah lemak jahat pada makanan tersebut. Dan bila terus-terusan dibiarkan, lemak tersebut akan menumpuk dan menyumbat arteri yang akhirnya dapat memicu penyakit serangan jantung. Selain itu, meningkatnya jumlah lemak jahat pada tubuh akan berpengaruh pada meningkatnya angka kolesterol yang pada akhirnya bisa berujung pada penyakit diabetes.
  • Kandungan karbohidrat yang buruk
    Meski kentang memiliki kandungan karbohidrat sederhana. Namun kandungan karbohidrat jenis ini adalah jenis karbohidrat yang mudah diubah menjadi gula dalam tubuh. Hal tersebut membuat tubuh mudah menyerap dan mencernanya menjadi energi, atau sebaliknya justru menyimpannya menjadi lemak. Dengan arti lain, jika anda tak segera berolahraga setelah menyantapnya, kemungkinan kentang goreng yang anda lahap akan membuat berat badan anda meningkat dengan cepat. Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat pada kentang hanya akan membuat kandungan insulin dalam tubuh mengalami kelonjakan dengan cepat. Hal inilah yang nantinya dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.
  • Kentang goreng mengandung leak trans
    Mengkonsumsi lemak trans amat berbahaya bagi tubuh karena dapat meningkatkan jumlah kolesterol buruk dan menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans yang berlebih akan meningkatkan resiko serangan penyakit jantung, diabetes dan kanker. Tak hanya itu, kentang goreng juga memiliki tingkat acrylamide yang begitu tinggi, zat tersebut diketahui dapat memicu munculnya serangan kanker payudara, terutama bagi anda para wanita yang belum memasuki masa menupause.
Baca Juga:  Lari Pagi Untuk Diet Tubuh Wanita

Itulah beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa anda harus segera menghentikan konsumsi terhadap kentang goreng. Jika masih saja tak bisa lepas dengan kebiasaan anda menyantap kentang goreng, sebaiknya mulai goreng sendiri kentang di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Seperti menggorengnya dengan minyak yang lebih alami seperti minyak bunga matahari atau minyak zaitun dan minyak sayur. Dengan begitu anda masih tetap bisa menyantap makanan favorit anda ini dengan tanpa perlu khawatir berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan olehnya.