5 Alasan Mudik Terlalu Mepet Bisa Ganggu Kesehatan

doktesehat mudik mepet
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Lebaran kurang satu hari lagi, beberapa pemudik sudah melakukan ritul kembali ke kampung halaman sejak seminggu yang lalu. Namun, beberapa pekerja baru bisa melakukan mudik hari ini karena tuntutan pekerjaan yang banyak sehingga mudik mau tidak mau harus dilakukan sehari menjelang Idulfitri.

Oh ya, mudik ke kampung halaman sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa melakukannya jauh-jauh hari atau mepet saat akan Lebaran. Namun, mudik yang terlalu mepet dengan waktu lebaran juga tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu beberapa masalah.

Kalau Anda terpaksa mudik dengan waktu yang terlalu mepet dengan Lebaran, lebih berhati-hati ya. Kalau bisa hindari beberapa hal di bawah ini sebisa mungkin.

  1. Lupa membawa perbekalan

Mudik yang terlalu mepet dengan waktu Lebaran akan membuat Anda jadi tergesa-gesa. Ada banyak hal yang akhirnya terlupa atau sengaja tidak dibawa seperti perbekalan yang isinya ada makanan, minuman, dan obat-obatan.

Kalau Anda mudik pagi hari ini otomatis masih melakukan puasa. Persiapkan makanan untuk berbuka puasa kalau sampai rumah sudah malam. Selanjutnya kalau berangkatnya malam bisa menyiapkan camilan kalau saja di jalanan lapar atau tubuh mendadak lemas.

Obat juga wajib disediakan meski hanya obat untuk nyeri dan juga mual. Kalau Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa membawa obat agar tidak kumat di jalan.

  1. Jarang memperhatikan kondisi tubuh

Selalu perhatikan kondisi tubuh saat akan mudik. Kalau Anda berangkat mudik sejak beberapa hari yang lalu, kondisi tubuh yang sakit bisa disembuhkan dahulu. Nah, kalau tidak ada kesempatan untuk menyembuhkan dahulu, Anda disarankan untuk selalu mengonsumsi obat dan suplemen agar tubuh menjadi kuat.

Jangan sepelekan kondisi tubuh meski hanya terkena flu ringan atau pusing saja. Dalam perjalanan yang jauh dan melelahkan, apa saja bisa terjadi dan membuat mudik jadi terganggu.

  1. Terlalu capai

Saat pulang ke kampung halaman dalam kondisi mepet, otomatis Anda baru saja selesai bekerja. Tubuh akan capai karena bekerja saat sedang puasa selama satu bulan dan harus melalukan perjalanan terlalu jauh.

Kalau saja Anda bisa libur beberapa hari sebelumnya, tubuh bisa diistirahatkan sebentar untuk mendapatkan tidur maksimal. Dengan melakukan ini Anda tidak akan terlalu capai selama melakukan perjalanan ke kampung halaman.

  1. Risiko macet di jalan akan tinggi

Meski infrastruktur sudah dibangun dengan baik dan sempurna, kalau jumlah pemudik ada jutaan, peluang macet selalu ada. Terlebih kalau mudiknya mepet sekali dengan waktu Lebaran. Jalanan akan selalu ramai sehingga Anda akan banyak mengalami macet di tengah perjalanan.

Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah memilih moda transportasi terbaik yang anti macet seperti kereta api dan pesawat terbang. Meski demikian, tiket untuk dua moda transportasi itu pasti sudah habis dan susah didapatkan.

  1. Waktu istirahat sedikit

Kalau Anda mudik dengan santai beberapa hari sebelum Lebaran, waktu istirahat akan panjang di perjalanan. Anda tidak akan tergesa-gesa agar sampai rumah dengan cepat. Di perjalanan Anda bisa beristirahat cukup lama mulai dari tidur, melakukan peregangan, atau mencari makan yang sehat.

Hal di atas tidak akan bisa diakukan kalau Anda mudiknya terlalu mepet dengan waktu Lebaran. Anda harus mengurangi istirahat agar bisa segera sampai ke rumah dengan selamat dan aman.

Kapan pun Anda melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman. Ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan. Kalau Anda tidak bisa melakukannya, meski mudik atau nanti balik lebih santai, peluang sakit masih saja ada.