Sederhana! Mudik Tetap Fit dengan 5 Makanan Super Ini

Makanan-mudik-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/isaac'licious

DokterSehat.Com– Dua hari jelang lebaran, apakah Anda sudah melakukan perjalanan mudik atau sedang melakukan persiapan jelang mudik saat ini?

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan mudik tentu adalah persiapan makanan, ya. Apalagi jika Anda akan melakukan mudik ketika sedang berpuasa. Nah, kira-kira makanan apa saja sih yang bisa kita bawa selama dalam perjalanan mudik?

Pentingnya memilih makanan yang tepat saat mudik

Makanan yang dibawa saat mudik menjadi penting dipilih, karena dengan memilih makanan yang tepat kita bisa mencukupi kebutuhan tubuh sehingga tetap fit selama perjalanan.

makanan-hamil-bergizi

Makanan yang asal dipilih selama perjalanan mudik akan menyebabkan berbagai gangguan misalnya munculnya rasa mual hingga menyebabkan muntah, dehidrasi selama perjalanan hingga gangguan pencernaan.

Untuk itu, pemilihan makanan saat mudik sebaiknya adalah makanan yang padat gizi dan tetap bisa menghidrasi tubuh.

Pilihan makanan tersebut bisa tetap Anda diterapkan baik ketika mudik dilakukan saat puasa mapun setelah lebaran. Lantas apa saja sih makanan yang cocok dipilih saat sedang melakukan perjalanan mudik?

Makanan super untuk mendukung mudik tetap fit

Ini dia daftar makanan yang padat gizi dan bisa tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh tetap fit selama perjalanan mudik!

1. Buah, baik dalam bentuk buah potong, jus atau olahan buah lainnya

Buah cocok dijadikan pilihan bahan makanan untuk menemani perjalanan mudik Anda. Buah memiliki semua kebutuhan zat dan gizi tubuh selama perjalanan mudik, yaitu vitamin dan cairan. Selain itu, buah juga merupakan bahan makanan padat gizi dan mudah untuk dibawa.

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

Anda bisa membawa buah menjadi berbagai sajian untuk teman perjalanan, misalnya buah segar, salad buah atau jus buah. Perlu diperhatikan bahwa dalam mengolah buah menjadi olahan, misalnya salad atau jus buah, pastikan Anda segera menghabiskannya maksimal hingga 3-4 jam setelah di buat ya.

Hal ini penting untuk menjaga kualitas buah hingga menghindari adanya kontaminasi bakteri.

Jika Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk perjalanan mudik, maka akan lebih baik Anda membawa buah utuh, yang belum dipotong atau dikupas, untuk menjaga kesegaran buah.

Anda bisa memilih berbagai jenis buah namun pastikan bahwa buah tersebut telah matang sempurna, ya.

2. Roti gandum

Ingin makan kenyang namun tidak mual? Maka roti gandum adalah pilihan yang tepat. Makanan sumber karbohidrat ini bisa memberi rasa kenyang dan padat gizi yang cocok dikonsumsi selama perjalanan mudik.

Roti-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Alan Levine

Anda bisa menyajikan roti gandum dengan olahan buah misalnya selai buah alami atau potongan buah kering dengan olesan margarin.

3. Ikan dan telur

Penuhi kebutuhan protein hewani selama perjalanan agar Anda tetap bertenaga dengan memilih ikan dan telur. Anda bisa membawa telur atau ikan rebus dengan bumbu alami misalnya bubuk bawang atau lada.

doktersehat-telur-wanita

Jika ingin sajian yang super sehat, sajikan ikan atau telur bersamaan dengan roti gandum dan tambahkan sayuran seperti selada atau tomat. Anda kini mempunyai sajian yang super sehat untuk mudik, bukan?

4. Tempe atau tahu

Tempe sebagai sajian khas Indonesia merupakan makanan yang padat gizi sehingga sangat cocok dipilih untuk mudik.

doktersehat-tahu-kedelai-protein-tempe

Anda bisa mengolah tempe dengan metode yang rendah lemak agar tidak menyebabkan rasa mual di perjalanan. Tempe bakar bumbu tomat atau tempe rebus dengan bumbu kaldu bisa jadi pilihan yang tepat. Olahan yang sama juga bisa Anda terapkan untuk tahu, ya.

5. Air minum

Jangan lupa untuk selalu membawa air minum selama perjalanan mudik ya. Membawa air minum sendiri akan lebih baik karena kita bisa mengontrol kehigienitasan air.

doktersehat air putih
Photo credit: Pexels

Jika Anda terpaksa harus membeli air minum diperjalanan, usahakan untuk memilih air mineral agar dapat menekan risiko terjadinya diare, ya.