5 Tips Mudik agar Selalu Sehat Menghadapi Macet

doktersehat macet
photo credit: Pexels

Saat sedang mudik Lebaran, jalanan akan dipenuhi dengan kendaraan. Jutaan orang akan mudik bersama-sama setiap tahunnya. Mudik yang berbarengan ini membuat jalanan menjadi macet sehingga kita akan sering berhenti di tengah jalan untuk menunggu lalu-lintas berjalan dengan lancar.

Kalau macet saat mudik terjadi selama beberapa menit saja mungkinĀ  tidak akan jadi masalah. Namun, kalau macetnya berkali-kali dan menyebabkan Anda harus sering berhenti di tengah jalan, gangguan kesehatan baik fisik atau mental bisa saja terjadi.

Nah, agar kita tetap bisa mudik dengan sehat meski sering mengalami macet di tengah jalan, simak beberapa cara mengatasinya di bawah ini.

  1. Perut harus dalam kondisi kenyang

Saat sedang mudik baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, usahakan untuk tetap makan hingga kenyang, tapi tidak berlebihan. Kalau perut kenyang, energi di dalam tubuh akan maksimal. Meski macetnya cukup panjang, Anda tidak akan kebingungan dan lemas di jalanan.

Kalau Anda tidak sedang puasa ketika mudik, coba selalu membawa bekal makanan yang cukup. Bekal bisa dimakan saat lapar atau saat macet datang. Kalau Anda kelaparan saat macet, tubuh akan lemas karena lapar secara fisik dan emosi karena kendaraan tidak segera bergerak maju.

  1. Penuhi kebutuhan cairan pada tubuh

Selain makanan, kebutuhan cairan tubuh juga sangat penting sehingga Anda harus mencukupinya. Meski sedang mudik dengan kendaraan umum atau pribadi, tetap penuhi sebanyak 8 gelas air atau 2 liter air per hari. Kurang dari ini Anda akan mengalami dehidrasi yang cukup akut.

Berada di tengah kemacetan Anda akan mengalami kepanasan yang cukup lama. Kalau kondisi ini tidak diimbangi dengan banyaknya cairan di dalam tubuh, tubuh akan mudah lemas dan akhirnya tidak semangat menjalankan mudik. Siapkan air yang cukup di tas agar saat lemas bisa segera dikonsumsi untuk meredakannya.

  1. Lakukan peregangan di dalam kendaraan

Ada kalanya saat sedang mengalami macet kita susah sekali bergerak. Tubuh akan sedikit capai dan akhirnya kaku di beberapa bagian. Nah, untuk mengatasi rasa capai yang membuat Anda semakin tidak nyaman di dalam kendaraan, coba lakukan peregangan dengan menggerakkan kaki dan tangan.

Buat peredaran darah di dalam tubuh kembali membaik sehingga Anda tidak akan mengalami nyeri di persendian. Selain itu, tubuh juga mengalami kesemutan sehingga Anda semakin tidak nyaman di dalam kendaraan.

  1. Perbaiki sirkulasi udara di dalam kendaraan

Kalau di dalam kemacetan, udara di dalam kendaraan semakin panas sehingga Anda harus membuat sirkulasi udara di dalam mobil kembali berjalan dengan lancar. Kalau kendaraan tidak menggunakan AC, Anda bisa memuka jendelanya agak lebar agar ada angina yang membuat suasana di dalam lebih sejuk.

Oh ya, meski udara di dalam mobil jadi lebih sejuk. Agak waspadai masuk angin, ya. Pasalnya udara yang terlalu besar dari angin bisa saja membuat tubuh meriang atau malah membawa bibit penyakit.

  1. Coba tenangkan diri agar mood tidak berubah

Terkadang gangguan macet tidak hanya menyerang Anda secara fisik saja. Tubuh juga sering mengalami gangguan berupa perasaan tidak nyaman, emosi, dan rasa kesal yang membuat perjalanan semakin menyebalkan.

Agar kondisi seperti ini tidak muncul, Anda disarankan untuk mendengarkan musik atau dipakai tidur saja. Kalau tubuh merasa lebih nyaman dan relaks, fluktuasi emosi bisa ditekan.

Nah, semoga mudik tahun ini tidak macet sehingga Anda bisa segera sampai rumah dengan selamat dan aman.