Mudik Dengan Kendaraan Sendiri? Siap-Siap Mengalami Pegal-Pegal

DokterSehat.Com – Menjelang hari raya Idul Fitri pada tahun ini, pemerintah pun mulai mempersiapkan diri akan datangnya arus tahunan mudik dan arus balik yang biasanya berasal dari area sekitar Ibukota Jakarta menuju berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya meningkatkan arus lalu lintas dengan sangat signifikan, dinas kesehatan juga bersiap untuk mengecek kondisi kesehatan para pemudik, khususnya mereka yang memakai kendaraan pribadi baik itu mobil dan sepeda motor. Perjalanan yang jauh dan mengendari kendaraan pribadi pun membuat banyak pemudik akan mengalami masalah kesehatan, khususnya pegal-pegal.

doktersehat-motor-pria-travel

Pakar kesehatan menyebutkan jika pegal-pegal sangat beresiko mengenai area punggung dan juga leher, khususnya jika kita menyetir mobil atau sepeda motor dalam waktu yang lama dan dengan beban yang cukup banyak. Untuk mengatasinya, kita bisa memakai beberapa trik seperti sebagai berikut.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan mudik dengan aman dan nyaman. Hal pertama yang harus diperhatikan saat mudik dengan kendaraan pribadi agar tidak terkena masalah pegal-pegal adalah dengan mengutamakan kenyamanan mengemudi. Jika kita memakai mobil, ada baiknya kita menyesuaikan posisi duduk agar punggung bersandar dengan nyaman. Jangan sampai memakai ponsel, dompet, atau benda apapun di saku belakang celana yang bisa memicu tulang belakang tak sejajar dan bisa membuat pegal-pegal. Posisikan pula lutut agar sedikit lebih tinggi dari pinggul.

Jika kita memakai sepeda motor, ada baiknya dudukan cukup luas dan nyaman. Jangan membawa beban terlalu banyak, khususnya di area rangka sepeda motor karena bisa mempengaruhi kenyamanan kaki saat berkendara. Selain itu, sering-seringlah beristirahat jika tubuh sudah terasa tidak nyaman atau mulai mengantuk sehingga tubuh pun bisa kembali segar untuk melakukan perjalanan jauh.