Mudah Terkena Maag? Cobalah Hindari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun terkesan masih dianggap sebagai penyakit yang sepele, dalam realitanya maag bisa membuat rasa sangat tidak nyaman pada perut. Naiknya asam lambung hingga ke pangkal kerongkongan bisa membuat area perut atau dada serasa terbakar dan bisa membuat aktifitas harian terganggu. Jika anda adalah seseorang yang tergolong mudah terkena maag, anda tentu harus panda-pandai menata pola makan anda. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi mereka yang mudah terkena maag.

doktersehat-penyakit-lambung-GERD-Gastroesophageal-reflux-disease-nyeri-dada

Gorengan yang sangat nikmat dan diakrabi oleh sebagian besar masyarakat ternyata sebaiknya dihindari jika kita mudah terkena maag. Bagaimana tidak, gorengan yang kaya akan kandungan minyak dan lemak akan bisa membuat produksi asam lambung meningkat drastis jika kita memakannya. Hal ini tentu akan memicu rasa tidak nyaman pada perut dan dada, bukan?

Buah-buahan dengan kandungan gas yang tinggi layaknya nangka, nanas, atau bahkan durian, ternyata juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi kita yang mudah terkena maag. Bagaimana tidak, buah-buahan jenis ini selain bisa memberikan kadar serat yang tinggi ternyata juga bisa memicu kenaikan kadar asam di dalam lambung. Jika kita nekat memakannya, selain maag yang menyiksa akan muncul, beberapa gangguan pencernaan lain juga bisa muncul.

Penderita maag ternyata juga sebaiknya memperhatikan apa yang Ia minum setiap hari agar masalah maagnya tidak kambuh. Sebagai contoh, konsumsi kopi atau teh yang kaya akan kafein ternyata harus dikurangi. Meminum minuman berkafein tinggi bisa membuat dinding lambung terluka dan akhirnya memicu munculnya sakit maag. Selain itu, minuman bersoda ternyata juga akan membuat perut tidak nyaman dan kembung sehingga juga sebaiknya dihindari. Selain itu, beberapa jenis susu olahan yang cenderung kaya lemak juga sebaiknya dihindari penderita maag karena tingginya kandungan lemak bisa memicu maag dengan mudah setelah kita meminumnya.