Mudah Lelah dan Stress Saat Bekerja? Waspada Burn Out

DokterSehat.Com– Tak hanya demi memenuhi kebutuhan ekonomi, bekerja adalah tempat bagi banyak orang untuk mengekpresikan diri atau bersosialisasi dengan banyak orang. Sayangnya, karena tuntutan pekerjaan yang tinggi, banyak orang yang mulai mudah merasa lelah atau stress karena pekerjaan tersebut. Jika kita mulai sering merasakan hal tersebut hingga akhirnya kesulitan untuk melakukan pekerjaan atau berbagai hal lainnya dengan benar, bisa jadi kita sudah terkena burn out.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Burn out sendiri adalah sebuah istilah psikologis yang dialami oleh banyak pekerja modern. Mereka yang terkena burn out ini biasanya mengalami perasaan gagal atau lesu akibat tuntutan pekerjaan yang sangat tinggi dan menguras tenaga sekaligus kemampuannya. Biasanya, mereka yang mengalami burn out ini sangat mudah merasa lelah dan tak lagi bersemangat untuk bekerja. Tak hanya itu, mereka bahkan seperti mengalami penurunan mood atau bahkan mulai terkena depresi.

Lantas, seperti apakah tanda-tanda dari burn out yang perlu kita waspadai? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa masalah kesehatan ini bisa membuat kita mengalami rasa lelah yang luar biasa, mudah merasa frustrasi, sulit mengendalikan emosi, tidak bisa merasa puas, selalu terbayang-bayang pekerjaan meskipun sudah berada di kantor, performa kerja yang semakin menurun, mengalami gangguan konsentrasi dan daya ingat, hingga akhirnya menurunkan kesehatan fisik dengan signifikan.

Jika kita mulai mengalami hal tersebut, ada baiknya jangan memaksakan diri untuk terus bekerja karena bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Cobalah untuk mengambil cuti atau liburan sejenak dan lakukan hal yang kita sukai. Selain itu, cobalah untuk beristirahat dengan total dan benar-benar melepaskan diri dari berbagai urusan pekerjaan. Jika mood kita sudah mulai membaik, cobalah untuk membuat rencana atau prioritas yang ingin kita lakukan di masa depan. Dengan melakukan hal ini, kita pun bisa kembali bersemangat untuk melakukan berbagai aktifitas.