Muda dan Sehat, Tetapi Kenapa Kena Stroke?

DokterSehat.Com – Tuan Bayu adalah seorang pemuda bertubuh ideal, rajin berolahraga, tidak minum alkohol juga tidak ada riwayat kolesterol yang tinggi, apalagi kencing manis. Tetapi tiba-tiba dia harus terbaring di Rumah Sakit karena terkena stroke.

doktersehat-kolesterol

Dari ilustrasi di atas seolah membalikkan fakta yang menyatakan bahwa penderita stroke adalah mereka yang selalu berusia di atas 40 tahun dengan pola hidup yang kurang sehat. Pada dasarnya terjadinya stroke adalah akibat gangguan pembuluh darah otak secara mendadak. Pada stroke perdarahan ada tiga hal yang menyebabkan stroke terjadi. Pertama, karena adanya kelainan struktur pembuluh darah sejak lahir, pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi, dan akibat aneurisma,

Aneurisma adalah penipisan pembuluh darah akibat plak atau lepasnya kotoran yang menempel di dinding pembuluh darah. Lepasnya plak membuat dinding pembuluh darah menipis lalu menggelembung dan pecah. Penderita aneurisma tidak harus selalu berusia di atas 40 tahun, bisa jadi dialami oleh penderita usia dibawah 30 tahun. Gejala yang paling khas aneurisma adalah nyeri kepala sangat hebat. Dalam keadaan ini pembuluh darah masih belum pecah namun sudah ada kebocoran halus sehingga darah merembes keluar. Rembesan darah tersebut kemudian akan menekan bagian saraf lainnya. Inilah yang membuat rasa nyeri yang hebat.

Kasus Stroke, baik karena pendarahan maupun penyumbatan pembuluh darah otak, memerlukan penanganan komprehensif yang melibatkan beberapa ahli serta fasilitas diagnostik dan terapeutik yang memadai. Respon time untuk penanganan pada kasus stroke merupakan faktor terpenting untuk mencegah kecacatan dan kematian, contohnya pada kasus stroke sumbatan, tiga jam setelah serangan disebut sebagai golden period. Periode ini sangatlah penting untuk intervensi. Jadi bila ada sanak saudara anda mendadak serangan stroke, segeralah bawa ke rumah sakit untuk segera mendapat pertolongan. Bila terlambat membawa ke rumah sakit atau melebihi waktu golden period, maka bagian otak sudah terburu tidak mendapat aliran darah dan menjadi rusak.

Baca Juga:  Hiiii, Bocah Ini Sakit Akibat di Perutnya Banyak Ditemui Gumpalan Rambut

Sumber : National Stroke Association Web