Mouse Komputer Bisa Menyebabkan Gangguan pada Tangan

Doktersehat.com – Terlalu sering menggunakan komputer  terkadang dapat berdampak munculnya rasa kebas pada tangan.  Sebaiknya waspadalah  bila hal itu terjadi pada Anda karena rasa kebas  pada tangan bisa jadi merupakan gejala awal Carpal Tunnel Syndrome.



Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan gangguan nyeri dan kesemutan pada tangan, terutama pada jari tengah, telunjuk, dan ibu jari.

Masalah kesehatan ini dapat terjadi pada seseorang yang kerap beraktivitas dengan pergelangan tangan dalam waktu lama. Pekerja kantoran yang sering menggunakan mouse komputer, pekerja lapangan yang kerap memakai bor, maupun olahragawan rentan terhadap gangguan CTS.

CTS juga dapat disebabkan oleh diabetes, obesitas, kebiasaan mengonsumsi kopi, alkohol, dan merokok. Tidak pernah berolah raga malah akan memperburuk kondisi ini karena sirkulasi darah dan otot kurang mampu mentoleransi stres.

Gangguan ini bisa disembuhkan bila cepat ditangani tenaga medis. Pada tahap ringan akan diberi terapi, langkah awal dengan pemberian obat pereda rasa sakit, lalu dilanjutkan fisioterapi yang menghangatkan peradangan tangan dengan ultrasound atau sinar laser. Ada pula pemakaian wrist splint, sejenis pembungkus yang berfungsi untuk meluruskan pergelangan tangan yang kerap membengkok kakibat kebiasaan dalam bekerja. Pada tahap yang sudah parah harus dilakukan operasi pada tangan.

Pekerja yang kerap menggunakan komputer lebih besar berisiko terkena gangguan ini. Sebaiknya segeralah beristirahat apabila tangan sudah terasa pegal. Jangan terus bekerja saat tangan dalam keadaan pegal.

Sumber: health.ghiboo.com