Benarkah Morning Sickness Pertanda IQ Anak Tinggi?

DokterSehat.ComMorning sickness adalah kondisi yang wajar dialami oleh setiap ibu hamil. Morning sickness ditandai dengan mual dan muntah di awal kehamilan. Kadang kondisi ini membuat ibu tidak nyaman untuk beraktivitas karena tubuh terasa lemas. Namun di sisi lain, ibu yang mengalami morning sickness dianggap memiliki anak yang lebih cerdas. Benarkah?

Hubungan antara morning sickness dengan kecerdasan anak

Morning sickness disebabkan oleh peningkatan hormon selama kehamilan. Salah satunya adalah hormon gonadotropin yang bertugas untuk mempertahankan kehamilan sehingga mampu mengurangi risiko keguguran, menurunkan risiko cacat janin, dan mengurangi risiko berat janin lahir rendah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Toronto menyatakan bahwa morning sickness berkaitan dengan kecerdasan anak. Penelitian tersebut mengamati ibu hamil yang mengalami morning sickness dan melakukan pengamatan ulang pada 3-7 tahun berikutnya.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa sebanyak 21 persen anak memiliki IQ dengan nilai 130 atau lebih. Umumnya anak-anak memiliki kecerdasan pendengaran, daya ingat yang baik, pemahaman bahasa dan kemampuan verbal yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari ibu yang tidak mengalami morning sickness.

Namun penelitian tersebut masih butuh penelusuran lebih lanjut. Pasalnya kecerdasan anak ditentukan oleh banyak hal, mulai dari faktor lingkungan, pola asuh, dan banyak lagi. Selain itu para ahli juga mempertanyakan mengenai metode penelitian yang berubah seiring perkembangan waktu dan mencari tahu apakah akan ada hasil yang berbeda jika penelitiannya menggunakan metode yang berbeda.

Bagi Anda yang tidak mengalami morning sickness saat hamil, tidak perlu berkecil hati dan khawatir jika anak Anda tidak memiliki IQ setinggi anak yang mengalami morning sickness. Yang penting, ibu harus memastikan anak tercukupi kebutuhan gizinya dan mendapat stimulasi yang baik untuk perkembangan kecerdasannya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik