Morning Sickness Bukanlah Alasan Ibu Hamil Untuk Melewatkan Sarapan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil pada trimester awal kehamilan adalah morning sickness. Masalah kesehatan ini membuat mereka merasakan mual-mual hingga muntah dan kehilangan selera makan. Banyak ibu hamil yang bahkan karena takut merasakan mual ini akhirnya memilih untuk tidak melakukan sarapan. Padahal, sarapan pagi memiliki peran besar bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Sebenarnya, apa sajakah dampak kesehatan yang bisa didapatkan ibu hamil andai melewatkan sarapan?

doktersehat-hamil-mual-muntah

Membuat morning sickness semakin parah
Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun ibu hamil merasakan mual-mual dan penurunan nafsu makan, ada baiknya ibu hamil mencoba untuk pelan-pelan mengkonsumsi makanan. Andai tidak dilakukan, hal ini bisa membuat morning sickness menjadi semakin parah dan bisa membuat ibu hamil menjadi lemas. Untuk mensiasati rasa mual dan penurunan nafsu makan ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang cenderung ringan dan lembut layaknya pisang atau biskuit. Saat rasa perut sudah terasa lebih nyaman, barulah kita bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi yang normal.

Memicu masalah berat badan
Meskipun kebanyakan ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan, ada baiknya ibu hamil tetap menjaga berat badannya agar tidak berlebihan karena akan sangat kurang baik bagi kesehatannya. Sayangnya, andai ibu hamil melewatkan sarapan, maka saat menjelang siang hari mereka menjadi lebih banyak mengkonsumsi camilan dan bahkan bisa membuat mereka mengkonsumsi makan siang dengan porsi yang jauh lebih besar. Hal ini tentu akan kurang baik bagi berat badan, bukan?

Kelahiran prematur
Meskipun bukan menjadi pemicu utama kelahiran prematur, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan ibu hamil melewatkan sarapan akan ikut membuat mereka lebih rentan untuk melahirkan bayi secara prematur.

Baca Juga:  Lakukan Ini Untuk Menghilangkan Bakteri Pada Gigi

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan setidaknya tiga porsi kecil setiap harinya yang dikombinasikan dengan dua kali konsumsi camilan sehat. Dengan melakukan hal ini, maka kadar gula darah akan terjaga dan kesehatan ibu hamil serta janin akan tetap dalam kondisi yang baik.